Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Parkir Mobil di Luar Ruangan yang Enggak Bikin Kabin Panas

Kompas.com - 17/05/2022, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memarkir mobil di ruang terbuka memang kerap dilakukan dalam kondisi tertentu. Misalnya sedang pergi ke suatu tempat dan satu-satunya tempat parkir tidak memiliki atap atau out door.

Tentu jika terpaksa parkir saat siang hari, kabin mobil bakal ikut panas. Apalagi jika cuaca sedang terik, panas dari matahari pasti akan ikut masuk ke kabin.

Jadi ketika ingin kembali menyetir, pemilik mobil harus mengeluarkan panasnya dahulu agar kabin bisa cepat adem. Lalu bagaimana caranya menjaga suhu kabin tetap adem walau parkir di ruang terbuka?

Baca juga: Mobil Ini Nyelonong Saat Parkir, Pintu Sampai Patah

Mobil yang parkir di jalur sepeda jalan Puri Indah, Jakarta Barat, Kamis (6/2/2020)KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR Mobil yang parkir di jalur sepeda jalan Puri Indah, Jakarta Barat, Kamis (6/2/2020)

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kabin kendaraan tetap adem saat parkir di ruangan terbuka.

"Bisa menggunakan sun shade atau tirai penutup kaca depan. Jadi bisa mengurangi terik panas matahari yg menerpa kaca depan," ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (16/5/2022)

Kemudian, jika mobil dilengkapi dengan visor samping atau talang air di pintunya, bisa sedikit membuka kacanya. Namun perlu diperhatikan, membuka kacanya jangan terlalu lebar.

Baca juga: Bahaya Memanaskan Mobil Diesel Terlalu Lama

"Apabila dilengkapi dengan side visor atau talang air dan suasana parkiran tidak berdebu, kaca samping bisa diturunkan sedikit untuk sirkulasi udara," ucapnya.

Didi menyarankan, membuka kacanya cukup 1 cm saja, jadi tetap aman dari orang iseng yang mencoba membuka pintu mobil secara paksa. Tapi risikonya tetap ada, yaitu debu bisa masuk kabin karena terpaan angin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com