Benar atau Tidak Ganti Knalpot Racing Bikin Mobil Boros BBM?

Kompas.com - 04/08/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Selain mengganti pelek dan ban, biasanya pemilik mobil kerap melakukan modifikasi pada saluran gas buas alias knalpot.

Umumnya, knalpot bawaan pabrik diganti dengan model racing. Selain lebih bersuara, banyak juga yang menganggap mengganti knalpot bisa mendongkrak tenaga mesin. 

Namun, memasang knalpot racing pada mobil juga mengundang perdebatan. Hal tersebut lantaran adanya penilaian membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

Apakah benar demikian?

Baca juga: Harga BBM Pertamina Naik, Pertamina Dex Sentuh Rp 18.900

Menjawab masalah tersebut, Pemilik Bengkel Sarang Knalpot Semarang Ilham Hermawan mengatakan, tak ada pengaruh saluran knalpot yang dimodifikasi dengan konsumsi bahan bakar yang boros. 

Modifikasi muffler knalpot Dicky Aditya Wijaya Modifikasi muffler knalpot

Konsumsi BBM boros bisa terjadi akibat pengemudi terlalu sering memainkan pedal gas. Suara yang gahar memancing pengemudi menginjak pedal gas lebih dalam. 

"Suara yang dihasilkan knalpot racing gahar, para pengemudi mobil jadi senang main gas," kata Ilham kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022). 

Sama halnya knalpot standar mobil, konsumsi bahan bakar mobil dengan knalpot racing bisa juga bisa irit selama cara berkendara dilakukan secara wajar. 

Misal tak menginjak pedal gas yang tujuannya hanya untuk mendengar suara knalpot. Kondisi tersebut bisa menambah konsumsi bahan bakar.

Test Drive Toyota GR YarisKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Toyota GR Yaris

Ilham menjelaskan, pemilik mobil yang baru saja mengganti knalpot racing biasanya mudah tergiur untuk memainkan gas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.