Keuntungan Pakai Teknik Eco Riding Saat Berkendara Motor Listrik

Kompas.com - 04/08/2022, 12:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Eco riding adalah gaya berkendara yang mengacu pada efisiensi bahan bakar saat naik sepeda motor. Eco riding sangat berpengaruh buat kendaraan listrik terutama motor listrik.

Hendro Sutono, pegiat motor listrik dan juru bicara Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik), mengatakan, pengguna motor listrik sebaiknya memahami Eco riding sebab tenaga motor listrik diambil dari baterai.

Baca juga: Cleveland Ace 250 Twin, Motor 2-Silinder di Bawah Rp 70 juta

PT YIMM secara mengejutkan memajang motor listrik terbarunya, Yamaha E01 di IIMS Hybrid 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).KOMPAS.com/Dio PT YIMM secara mengejutkan memajang motor listrik terbarunya, Yamaha E01 di IIMS Hybrid 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).

"Kita ketahui bersama bahwa motor listrik membutuhkan waktu 5-6 jam dari kosong untuk bisa terisi penuh. Karena itu energi yang telah tersimpan dalam baterai harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencapai jarak tempuh sejauh-jauhnya," kata dia Hendro kepada Kompas.com, Rabu (4/8/2022).

Hendro mengatakan, selain lebih irit, Eco riding juga mempunyai beberapa manfaat lain baik yang sifatnya umum sampai hingga spesifik yang hanya dapat dirasakan pemakai motor listrik.

Baca juga: Cleveland Ace 250 Twin, Motor 2-Silinder di Bawah Rp 70 juta

"Eco riding berujung pada safety riding, dengan Eco riding kita akan mengurangi perilaku agresif saat berkendara. Selalu berada dalam batas kecepatan yang aman sesuai dengan anjuran pemerintah. Juga akan selalu ada jarak aman antara motor kita dengan kendaraan lain," katanya.

Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.

Beberapa keuntungan penerapan Eco riding saat naik motor listrik:

1. Usia baterai

Eco riding sudah pasti akan memperpanjang usia baterai karena baterai tidak dibebani dengan kebutuhan daya yang melonjak-lonjak saat berakselerasi secara spontan.

"Juga tidak terbebani untuk menyerap energi besar yang dihasilkan dinamo saat terjadi pengereman regeneratif," ungkap Hendro.

2. Hemat kampas rem dan ban

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.