Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Soul GT, Yamaha Suntik Mati Mio Z

Kompas.com - 02/08/2022, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agustus 2022 sosok Yamaha Mio Z menghilang dari situs resmi Yamaha dan tidak tertera lagi. Situs resmi Yamaha kini hanya menampilkan tujuh model skutik di kelas entry level.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengonfirmasi bahwa hilangnya Mio Z di situs resmi karena sudah tidak diproduksi.

Baca juga: Update Harga Aki Motor per Agustus 2022

Yamaha Mio ZStanly/Otomania Yamaha Mio Z

"Untuk Mio Z sudah tidak di produksi lagi," kata Anton panggilannya kepada Kompas.com, Senin (1/8/2022).

Mio Z merupakan skutik kelas 125cc kedua yang disuntik mati Yamaha tahun ini, setelah sebelumnya pabrikan asal Iwata, Jepang, itu memutuskan untuk memberhentikan produksi All New Soul GT pada Juni 2022.

Meski demikian Anton tidak merinci sejak kapan produksi dan penjualan Mio Z resmi dihentikan. Satu yang pasti umur skutik bergaya sporty itu hanya bertahan enam tahun di Indonesia.

Baca juga: Tahun 2022 Jadi Musim Terburuk Honda Dalam Sejarah MotoGP

Yamaha Mio Z bermesin sama dengan Mio M3, tapi punya ukuran ban lebih besar untuk kestabilan.Istimewa Yamaha Mio Z bermesin sama dengan Mio M3, tapi punya ukuran ban lebih besar untuk kestabilan.

Dengan hilangnya All New Soul GT dan Mio Z jajaran skutik entry level kelas 125 cc Yamaha kini berjumlah tujuh model di luar Lexi, yaitu Fazzio Hybrid, Gear 125, Freego, X-Ride, Mio M3, Fino, dan Mio S.

Mio Z pertama kali meluncur pada akhir Maret 2016, di Bogor, Jawa Barat. Saat meluncur motor dijual Rp 15,1 juta dan terakhir terpantau pada Juli 2022 seharga Rp 15,8 juta on the road (OTR) Jakarta.

Selama enam tahun kenaikan harga Mio Z cuma Rp 700.000, atau dalam setahun kenaikannya sekitar Rp 116.000. Di mana ini bisa jadi acuan bahwa Yamaha sangat menjaga harga produk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com