Salin Artikel

Setelah Soul GT, Yamaha Suntik Mati Mio Z

JAKARTA, KOMPAS.com - Agustus 2022 sosok Yamaha Mio Z menghilang dari situs resmi Yamaha dan tidak tertera lagi. Situs resmi Yamaha kini hanya menampilkan tujuh model skutik di kelas entry level.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengonfirmasi bahwa hilangnya Mio Z di situs resmi karena sudah tidak diproduksi.

"Untuk Mio Z sudah tidak di produksi lagi," kata Anton panggilannya kepada Kompas.com, Senin (1/8/2022).

Mio Z merupakan skutik kelas 125cc kedua yang disuntik mati Yamaha tahun ini, setelah sebelumnya pabrikan asal Iwata, Jepang, itu memutuskan untuk memberhentikan produksi All New Soul GT pada Juni 2022.

Meski demikian Anton tidak merinci sejak kapan produksi dan penjualan Mio Z resmi dihentikan. Satu yang pasti umur skutik bergaya sporty itu hanya bertahan enam tahun di Indonesia.

Dengan hilangnya All New Soul GT dan Mio Z jajaran skutik entry level kelas 125 cc Yamaha kini berjumlah tujuh model di luar Lexi, yaitu Fazzio Hybrid, Gear 125, Freego, X-Ride, Mio M3, Fino, dan Mio S.

Mio Z pertama kali meluncur pada akhir Maret 2016, di Bogor, Jawa Barat. Saat meluncur motor dijual Rp 15,1 juta dan terakhir terpantau pada Juli 2022 seharga Rp 15,8 juta on the road (OTR) Jakarta.

Selama enam tahun kenaikan harga Mio Z cuma Rp 700.000, atau dalam setahun kenaikannya sekitar Rp 116.000. Di mana ini bisa jadi acuan bahwa Yamaha sangat menjaga harga produk.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/02/082200815/setelah-soul-gt-yamaha-suntik-mati-mio-z

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.