Kompas.com - 01/08/2022, 20:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor zaman sekarang bisa dikatakan cukup bergantung pada accu atau aki. Untuk itu penting bagi setiap pemilik motor memeriksa kondisi aki secara berkala.

Setiap aki yang digunakan pada skuter matik (skutik) atau motor sport yang banyak beredar di jalan memiliki batas minimal tegangan.

Kepala Bengkel AHASS Motocare Pekapuran, Depok, Ahmad Fauzi mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik sepeda motor untuk mengecek voltase aki.

Baca juga: Salah Kaprah Beranggapan Aki Kering Tak Butuh Perawatan

Pertama menggunakan alat voltmeter. Dengan menggunakan alat ini, pemilik kendaraan akan mendapatkan hasil yang akurat dan terpercaya mengenai voltase yang tersimpan di dalam aki, serta kerusakan aki pada kendaraan juga bisa terdeteksi.

“Standarnya, voltase aki motor adalah kisaran 12,5 volt. Bila tegangan yang terjadi kurang dari 12,5 volt, aki sudah mulai ngedrop. Segera lakukan pengisian, tetapi apabila kondisi tegangan aki setelah dicas masih di bawah 12,5 volt, maka harus penggantian dengan yang baru,” ucap Fauzi kepada Kompas.com, Senin (1/7/2022).

Aki motor diukur dengan avometerDok. DAM Aki motor diukur dengan avometer

Selanjutnya adalah pengecekan secara visual (fisik). Biasanya aki yang sudah mulai rusak atau berlebihan menerima arus dari sistem pengisian akan menggelembung

“Cara mengeceknya hanya diraba langsung menggunakan tangan. Permukaan atau casing aki akan terasa menonjol. Jika sudah parah, dengan melihat saja sudah terlihat jelas kondisi fisiknya,” kata dia.

Kemudian dengan cara melihat speedometer. Untuk beberapa tipe motor honda seperti Honda Vario 160 dan PCX 150, di speedometer terdapat indikator aki untuk mempermudah si pengendara mengetahui kondisinya.

“Bagi yang tidak ada indikator aki di speedometer ada cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan menyalakan starter. Jika tegangan aki lemah maka lampu di speedometer akan redup dan ketika sinar lampu dalam speedometer ikut berkedip, maka itu jadi pertanda jika aki motor sudah mulai tidak stabil,” katanya.

Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baikkompas.com Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baik

Untuk Anda yang sedang berencana membeli dan mencari daftar harga aki motor, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda. Berikut harga aki motor per Agustus 2022.

Baca juga: Jangan Asal, Belajar Mobil Tidak Hanya Sekadar Praktik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.