Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Kena Tilang Elektronik, Begini Cara Mengurusnya

Kompas.com - 20/06/2022, 11:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) kian meluas hingga berbagai daerah. Upaya ini dilakukan karena pemerintah ingin meningkatkan ketertiban masyarakat saat berkendara di jalan, sehingga keamanan serta kenyamanan pun tercipta.

Berkat teknologi yang kian maju, kini penindakan terhadap pelanggar lalu lintas menjadi lebih mudah dan cepat, yaitu dengan bantuan kamera. Dari kamera tersebut, bisa ditangkap bukti pelanggaran berupa gambar lalu secara otomatis dikirim ke back office ETLE.

Petugas akan mengidentifikasi data pemilik kendaraan dari nomor polisi yang tercantum. Setelah itu petugas akan mengirimkan surat konfirmasi beserta tanda bukti pelanggaran ke alamat pemilik kendaraan.

Baca juga: ETLE Jaring 19 Juta Pelanggar Lalu Lintas, Lebih Efektif dari Manual

Proses pencetakan surat konfirmasi tilang untuk pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera ETLE, Selasa (5/4/2022) di gedung Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.KOMPAS.com/Tria Sutrisna Proses pencetakan surat konfirmasi tilang untuk pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera ETLE, Selasa (5/4/2022) di gedung Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.

Sejak saat itu lah, pelanggar baru mengetahui bahwa tempo hari pernah melakukan pelanggaran lalu lintas. Jika sudah demikian, pelanggar  tidak perlu panik, yang harus dilakukan hanya mengkonfirmasi.

Setiap pelanggar memiliki waktu 8 hari untuk melakukan konfirmasi. Bisa secara online dengan mengunjungi website ETLE atau offline dengan cara datang langsung ke Posko Penegakan Hukum ETLE di daerah masing-masing.

Setelah terkonfirmasi, petugas akan menerbitkan tilang dengan metode pembayaran lewat BRIVA untuk setiap pelanggaran yang terverifikasi untuk penegakan hukum.

Baca juga: Tilang Pakai Kamera HP, ETLE Mobile Tidak Dilakukan Sembarang Polisi

Datangi Kepolisian Resor Kota (Polresta), mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo terkena tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Rabu (23/3/2022)..KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Datangi Kepolisian Resor Kota (Polresta), mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo terkena tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Rabu (23/3/2022)..

Setelah melunasi pembayaran, maka selesai sudah persoalan. Anda tinggal perlu mengingat-ingat lagi apa saja jenis pelanggaran yang bisa kena tilang elektronik, sehingga hal itu tidak akan terulang lagi.

Sedangkan bila selama 8 hari pelanggaran tersebut tidak terkonfirmasi, atau Anda tidak melunasi tagihan tersebut maka sebagai konsekuensinya STNK akan terblokir sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com