Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Patuh Candi 2022 di Brebes Fokus pada 7 Sasaran Pelanggaran

Kompas.com - 13/06/2022, 15:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satlantas Polres Brebes mulai melaksanakan Operasi Patuh Candi 2022 pada Senin (13/6/2022) sampai 26 Juni 2022.

Operasi Patuh Candi 2022 merupakan rangkaian dari Operasi Patuh yang diselenggarakan serentak oleh Satuan Polisi Lalu Lintas seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, beberapa Operasi Patuh punya sasaran pelanggaran yang berbeda-beda. Misalnya seperti yang dilakukan di Operasi Patuh Candi 2022, ada tujuh target prioritas penindakan seperti berikut:

Baca juga: Beredar Video Pemasangan Stiker RFID untuk Bayar Tol Tanpa Kartu

Polisi belum menilang pengendara mobil yang melanggar pemberlakuan ganjil genap di Jalan Pramuka, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin (6/6/2022).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Polisi belum menilang pengendara mobil yang melanggar pemberlakuan ganjil genap di Jalan Pramuka, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin (6/6/2022).

1. Bagi pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara
2. Pengemudi atau pengendara di bawah umur
3. Sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang
4. Sepeda motor tidak menggunakan helm SNI
5. Pengemudi atau pengendara kendaraan dalam pengaruh atau mengkonsumsi Alkohol
6. Pengendara melawan arus
7. Melebihi batas kecepatan

Dikutip dari laman Korlantas Polri, Kasat Lantas Polres Brebes AKP Endah Setianingsih menjelaskan, Operasi Patuh Candi 2022 dengan sasaran pengendara yang tidak mematuhi aturan dan ketertiban dalam berlalu lintas serta kelengkapan surat surat kendaraan.

“Dengan di gelarnya Operasi Patuh Candi 2022 selama 14 hari yang akan di mulai pada tanggal 13 sampai 26 Juni, dengan harapan meningkatkatnya kepatuhan dan disiplin berlalu lintas di masyarakat," ucapnya dikutip Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Daftar Sasaran Operasi Patuh Lodaya 2022 di Kota Bogor


Lebih lanjut Kasat Lantas juga mengajak masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas, dengan tertib berlalu lintas akan menyelamatkan anak bangsa.

Endah juga menyampaikan bahwa operasi patuh Candi 2022 nantinya digelar lebih pada pendekatan serta pencegahan dan persuasif untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com