Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendala Pebalap Formula E Balapan di Sirkuit Jakarta

Kompas.com - 03/06/2022, 14:30 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran balap Formula E atau Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta semakin dekat. Ajang balap mobil listrik ini akan dilaksanakan pada 4 Juni 2022.

Sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan beradu kecepatan di Sirkuit Formula E Jakarta atau Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Tiga di antaranya adalah Stoffel Vandoorne dari Mercedes EQ Formula E, Mitch Evans pebalap Jaguar TCS Racing, dan Nick Cassidy dari tim Envision Racing.

Baca juga: Akses Masuk Penonton Formula E Jakarta Berdasarkan Kelas Tiket

Para pebalap pun antusias dengan sirkuit baru dalam ajang tersebut, namun di sisi lain mereka turut mengungkapkan tantangan dan kesulitan balapan di Formula E 2022 Jakarta.

“Balapan ini akan sangat sulit, kita tidak bisa menampung cuaca yang panas ini, dan ini tentu akan berpengaruh pada ban mobil,” ucap Stoffel Vandoorne dari Mercedes EQ Formula E, saat press conference, Jumat (3/6/2022).

Selain itu, menurut Vandoorne, kondisi trek di Indonesia berbeda dengan beberapa sirkuit lainnya lantaran tidak adanya pasir seperti di Berlin.

Tak berbeda dengan Vandoorne, Cassidy juga mengungkapkan bahwa cuaca menjadi salah satu tantangan utama dalam balapan Formula E di Jakarta.

Jakarta International e-Prix Circuit yang dibangun khusus untuk balap Formula E ini, untuk pertama kalinya dipakai pada kejuaraan dunia balap mobil listrik.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Jakarta International e-Prix Circuit yang dibangun khusus untuk balap Formula E ini, untuk pertama kalinya dipakai pada kejuaraan dunia balap mobil listrik.

“Tidak ada yang tahu dengan keadaan di lapangan nanti, panas atau tidak. Kita tidak bisa memastikan apapun yang terjadi di trek,” kata dia.

Kendala yang sama juga dirasakan oleh Mitch Evans, namun dirinya mengaku akan lebih fokus menjaga performa kendaraan.

“Persiapan seperti sebagaimana biasanya, kita perlu perhatikan cuaca dan performa mobil karena kondisi trek dan cuaca (panas dan hujan). Jadi, tentu kita harus banyak latihan,” ucapnya.

Baca juga: Berikut Tempat Parkir Kendaraan untuk Penonton Formula E Jakarta

Namun, ketiga driver Formula E tersebut mengaku sangat bersemangat mencoba trek baru di JIEC. Salah satunya adalah Mitch Evans yang tak sabar untuk menggeber mobil balap listriknya.

“Balapan memang akan sulit diprediksi, namun layout di sini (JIEC) sangat bagus dan menantang. Terpenting adalah kami bisa menyelesaikan balapan dengan baik,” kata Evans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com