Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan APAR untuk Mobil, Simak Kelebihannya

Kompas.com - 06/04/2022, 15:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Servvo Fire Indonesia sebagai produsen Alat Pemadam Api Ringan (APAR) buatan anak bangsa ikut meramaikan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Pasalnya, APAR kini menjadi salah satu perangkat yang diharuskan untuk tersedia di tiap kendaraan bermotor roda empat atau lebih guna menekan potensi terjadinya insiden kebakaran.

Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang sudah disahkan pada 18 Februari 2020.

Baca juga: Mau Mulai Jualan, Chery Targetkan Buka 70 Diler Tahun Ini

General Manager PT Servvo Fire Indonesia Hendra Prasetyo sedang presentasi mengenai APAR buatan Indonesia, Servvo, Rabu (6/4/2022)KOMPAS.com/Ruly General Manager PT Servvo Fire Indonesia Hendra Prasetyo sedang presentasi mengenai APAR buatan Indonesia, Servvo, Rabu (6/4/2022)

"Khusus kendaraan bermotor, kami memiliki produk Servvo Ve-EXx (Vehicle Extinguisher). Desainnya khusus, minimalis dengan cara pakai yang hanya menekan tombol 1 dan 2," kata General Manager PT Servvo Fire Indonesia Hendra Prasetyo, Rabu (6/4/2022).

Meski demikian, APAR ini mampu mematikan api kelas kebakaran A, B, dan C dengan media Dry Chemical Powder Mono Ammonium Phosphate 90 persen.

Memiliki jarak semprot sampai 7 meter, perangkat terkait punya sertifikat uji pemadaman api 5A.55B atau bisa memadamkan api dari 60 liter bahan bakar.

"Adapun harganya sedang promo, dari Rp 976.800 menjadi Rp 781.440 saja di IIMS 2022. Kemudian ada bundling dengan APAR untuk rumah hanya Rp 1.465.200," lanjut dia.

Baca juga: Tips Aman Mengemudikan Mobil Saat Kondisi Jalan Banjir

Indikator APAR ServvoKOMPAS.com/Ruly Indikator APAR Servvo

Dengan keunggulan ini, Servvo pun dipercaya beberapa agen pemegang merek (APM) seperti Daihatsu, Toyota, Suzuki, Honda, Isuzu, Daimler, Hino, dan Mitsubishi sebagai pemasok kelengkapan standar APAR di produknya.

"Perbedaan untuk mobil penumpang dengan truk, mungkin hanya ada pada dimensi APAR-nya saja ya. Mobil biasa itu 1 kg cukup, kalau truk atau kendaraan besar biasanya pakai yang 2-3 kg," kata dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com