Jumpa Motor Langka, Yamaha F1ZR Marlboro Edition Odometer Hanya 4 Km

Kompas.com - 06/04/2022, 15:32 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain memajang mobil dan motor baru, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 turut memamerkan deretan motor hobi di Hall C JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Dari sekian banyak motor hobi yang dipajang, terselip ada salah satu yang menarik perhatian. Motor ini bukan hasil modifikasi, melainkan motor orisinil yang dijaga keasliannya sejak masih baru.

Motor dua langkah yang pernah jadi idola pada dekade 1990-an hingga awal 2000-an ini adalah Yamaha F1ZR.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Pakai Aplikasi Signal Tak Perlu Stiker Pengesahan

Ilustrasi Yamaha F1ZR Marlboro EditionKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Yamaha F1ZR Marlboro Edition

Seperti diketahui, motor dua tak sudah tidak diproduksi saat ini. Namun tren peminatnya terus meningkat.

Tak heran masih banyak yang mencari F1ZR dalam kondisi apapun. Termasuk tipe-tipe langka atau special edition seperti yang kami temui di IIMS 2022.

Jadi, F1ZR yang tampil ini masih mengusung body part yang asli seutuhnya. Mulai dari bodi, striping, mesin, hingga pernak-pernik dan baut-bautnya.

Baca juga: Viral, Video Mobil Jatuh dari Atas Hidrolik Saat Cuci Mobil

Yamaha F1ZR Marlboro Edition dengan odometer baru 4 KmKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha F1ZR Marlboro Edition dengan odometer baru 4 Km

Bahkan odometer di panel indikator masih menunjukkan 4 km, yang artinya motor ini hampir tidak pernah dipakai sejak meluncur pada awal 2000-an.

Di atas kertas, motor yang diproduksi kisaran tahun 2001 ini memiliki spesifikasi mesin berkapasitas 110,4 cc, dengan iameter x langkah: 52 mm x 52 mm, rasio kompresi: 7,1:1, dan karburator Mikuni VM 20 X 1.

Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 11,8 tk pada putaran 7.500 rpm dan torsi 10,7 Nm pada 6.500 rpm.

Baca juga: Dijual Rp 14 Jutaan, Cicilan Motor Listrik Volta 401 Mulai Rp 400.000

Ilustrasi Yamaha F1ZR Marlboro EditionKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Yamaha F1ZR Marlboro Edition

Motor ini sudah menggunakan sistem pendingin teknologi Yamaha Performance Cooling System (YPCS).

Teknologi ini menggunakan kipas yang ditempatkan di blok bagian kiri yang berfungsi untuk menyedot udara atau hawa panas dari mesin.

Sebagai informasi, pada tahun 2001, Yamaha meluncurkan edisi spesial, yakni Caltex Edition. Edisi spesial ini terinspirasi dari motor balap yang dipakai Ahmad Jayadi dan Roy Adriyanto.

Kemudian di tahun 2003, Yamaha kembali menghadirkan edisi spesial, yakni F1ZR Marlboro Edition.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.