Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

130 Rest Area Siap Layani Pemudik, Kapasitas Dibatasi 50 Persen

Kompas.com - 29/03/2022, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PUPR mendukung pelaksanaan kelancaran arus mudik Lebaran 2022. Untuk memberikan pelayanan buat para pemudik, ratusan rest area atau tempat istirahat telah disiapkan seluruh jalan tol di Indonesia.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, keberadaan tempat istirahat menjadi faktor penting kelancaran arus mudik.

Oleh sebab itu, BPJT beserta Badan Usaha Jalan Tol telah menyediakan sebanyak 130 Rest Area seluruh Jalan Tol di Tanah Air.

Baca juga: Batas Kecepatan yang Terekam Kamera ETLE di Jalan Tol

Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYOKRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO Arus mudik kendaraan hari ke dua menjelang Idul Fitri di ruas tol pantura (Cipali dan Palikanci), Jawa Barat, tersendat sepanjang 42 kilometer, Rabu (15/7/2015). Arus kendaraan terpantau tersendat dari Ciperna (Tol Palikanci) kilometer 205 hingga Majalengka (Tol Cipali) kilometer 163. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO - ARI PRASETYO

Rest area ini terdiri dari Rest Area Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo yakni (38 rest area Tipe A, 33 rest area Tipe B, dan 8 rest area Tipe C), Rest Area Non Trans Jawa (15 rest area Tipe A, 2 rest area Tipe B).

Kemudian Rest Area Trans Sumatera yang ada di Bakauheni hingga Palembang yakni (17 rest area Tipe A dan 4 rest area Tipe B).

Selanjutnya, Rest Area Nusantara yang ada di ruas tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, Medan - Binjai, Pekanbaru - Dumai, Palembang - Indralaya, Balikpapan - Samarinda terdiri dari (7 rest area Tipe A, 1 rest area Tipe B, dan 8 rest area Tipe C).

Baca juga: Siap-siap Harga Pertamax Diprediksi Naik, Tembus Rp 15.000

Ilustrasi rest area KM 52B Tol Jakarta-CikampekDok. Jasa Marga Ilustrasi rest area KM 52B Tol Jakarta-Cikampek

"Dalam pengelolaannya di Rest Area, diterapkan physical distancing dan memastikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 terlaksana,” ujar Danang, dalam keterangan tertulis (27/3/2022).

“Selain itu membatasi kapasitas parkir maksimum 50 persen dan waktu singgah pengunjung, menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan, dan manajemen pengelolaan antisipasi kepadatan kendaraan bersama pihak kepolisian" kata dia.

Sementara itu, ketersediaan rest area di jalan tol tidak dapat menampung semua pemudik yang menggunakan jalan tol.

Baca juga: Ingat Lagi, Ini 13 Ruas Jalan Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Kendaraan arus balik dari luar Jabodetabek menuju Jakarta masuk melalui Gerbang Tol Cikampek Utama 2, Jakarta, Kamis (28/5/2020)..Dokumentasi Humas Jasa Marga Kendaraan arus balik dari luar Jabodetabek menuju Jakarta masuk melalui Gerbang Tol Cikampek Utama 2, Jakarta, Kamis (28/5/2020)..

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, mengatakan, pemudik lebih baik mengarahkan kendaraan untuk keluar tol ketimbang masuk rest area.

Sebab di kota-kota yang dilewati para pemudik ketika melintasi jalan tol, juga terdapat SPBU atau tempat istirahat yang memadai.

“Oleh sebab itu, dapat diarahkan untuk keluar jalan tol dan pemerintah daerah menyediakan rest area sementara,” ucap Djoko, kepada Kompas.com (28/3/2022).

“Keberadaan rest area sementara akan membantu peningkatan ekonomi daerah,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com