Dilapisi Nano Ceramic, Nilai Harga Jual Mobil Bisa Naik

Kompas.com - 28/03/2022, 18:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil untuk terus menjaga atau bahkan menambah nilai harga jual kendaraannya. Sehingga, ketika dibutuhkan penyusutan harga tidak terlalu dalam.

Satu diantaranya ialah melakukan detailing dengan melapisi mobil nano ceramic, sehingga kondisi eksterior, interior, sampai kolong mobil tetap di keadaan optimal.

"Harga nano ceramic itu hanya 1 persen dari nilai kendaraan, tapi dapat meningkatkan nilai jual mobil Anda sekitar 5-10 persen," kata Raymundus Arief, Chief Strategy Officer Scuto Indonesia dalam acara workshop, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Hindari Kebakaran, Begini Teknik Modifikasi Audio Mobil yang Aman

Proses Nano Coating oleh Scuto Indonesia, Jakarta, Senin (28/3/2022)KOMPAS.com/Ruly Proses Nano Coating oleh Scuto Indonesia, Jakarta, Senin (28/3/2022)

Pasalnya, dengan melakukan perawatan tersebut mobil bisa mengurangi potensi masalah imbas perubahan cuaca yang ekstrem (cat dan jamur kaca), lecet, sampai menempelnya noda bandel seperti getah pohon.

Hal tersebut karena mobil mendapatkan suatu lapisan tambahan yang bersifat seperti kaca tempered secara permanen (4-5 tahun). Jadi bila terdapat suatu goresan atau noda bandel, tidak langsung ke cat dasar.

"Ketika tergores, itu yang lecet bukan cat mobilnya tetapi nano cramic. Sehingga tinggal di lap saja, hilang. Perawatannya pun mudah bisa di rumah dengan bahan yang kita berikan," kata Arief.

Tetapi dari segi harga, memang pelapisan nano ceramic tak bisa dibilang ramah kantong yaitu mulai dari Rp 4,5 juta (untuk mobil medium).

Baca juga: Cara Gunakan Minyak Kayu Putih untuk Bersihkan Stiker di Bodi Mobil

Proses Nano Coating oleh Scuto Indonesia, Jakarta, Senin (28/3/2022)KOMPAS.com/Ruly Proses Nano Coating oleh Scuto Indonesia, Jakarta, Senin (28/3/2022)

Dalam kesempatan sama, M HD Ichsan sebagai perwakilan dari Scuto Academy Division pun menjelaskan banyak hal mengenai car detailing. Mulai dari persiapan, memoles, sampai melapisi nano cramic.

"Dalam membersihkan serta mengeringkan mobil baiknya menggunakan kain lap microfiber bukan kanebo untuk menghindari baret halus," kata dia.

Beranjak pada materi berikutnya adalah chemical yang digunakan, baik chemical untuk penghilang jamur bodi dan kaca hingga chemical langkah berikutnya seperti finishing coumpound serta pengkilap cat mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.