Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Balap Motor Tingkat Nasional dan Asia Akan Digelar di Mandalika

Kompas.com - 04/02/2022, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, ternyata tidak hanya diperuntukkan bagi ajang balap internasional, seperti World Superbike (WorldSBK) atau MotoGP. Sirkuit ini juga terbuka dengan ajang balap lainnya.

Setelah sukses menggelar WorldSBK 2021, tahun ini Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP. Selanjutnya, diharapkan akan ada juga ajang balap tingkat nasional dan tingkat Asia di sirkuit ini.

Baca juga: ITDC Sebut Nilai Investasi Sirkuit Mandalika, Lebih dari 1 Triliun

Rencananya, Indonesia Motorsport Series (IMS) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) juga akan menggunakan Sirkuit Mandalika.

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

Untuk diketahui, kejuaraan nasional balap motor saat ini menggunakan nama IMS. Sementara ARRC, merupakan ajang balap roda dua tingkat Asia.

Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia (IMI), mengatakan, pihaknya sudah membicarakan dalam rakernas untuk membawa IMS ke Mandalika.

Baca juga: Peningkatan Sirkuit Mandalika Sudah 90 Persen Menuju Grade A

"Kita juga sudah bicara dengan promotor ARRC untuk datang ke Mandalika. Jadi, dalam rilis FIM Asia, ada rilis ARRC di bulan Juni TBA (To Be Announced), yaitu rencananya adalah Indonesia," ujar Sadikin, di Jakarta, belum lama ini.

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Awhin Sanjaya (2 dari kanan), berusaha mengejar pebalap Thailand, Muklada Sarapuech (nomor motor 44) dalam Race 1 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250cc di Sirkuit Chang Internasional, Buriram, Thailand, Sabtu (30/11/2019). Race 1 ini dimenangi Andy Muhammad Fadly (kiri), disusul Awhin dan Muklada.AHRT Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Awhin Sanjaya (2 dari kanan), berusaha mengejar pebalap Thailand, Muklada Sarapuech (nomor motor 44) dalam Race 1 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250cc di Sirkuit Chang Internasional, Buriram, Thailand, Sabtu (30/11/2019). Race 1 ini dimenangi Andy Muhammad Fadly (kiri), disusul Awhin dan Muklada.

Sadikin menambahkan, IMI sedang membuat kesepakatan agar membawa ARRC datang ke Indonesia. Menurutnya, dari pihak ARRC juga sangat tertarik, karena 40 persen pebalapnya dari Indonesia.

"Jadi, ini menjadi kesempatan bagi para pebalap muda kita untuk memperlihatkan kemampuannya," ujar Sadikin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com