Bahaya Menempelkan Banyak Stiker di Kaca Belakang Mobil

Kompas.com - 03/02/2022, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Menempelkan aneka ragam stiker pada kaca mobil menjadi pemandangan yang umum di Indonesia. Stiker berbagai ukuran dan juga desain kerap  di sematkan pada kaca mobil dengan tujuan identitas atau mempercantik tampilan mobil.

Kaca mobil belakang adalah objek yang kerap ditempelkan stiker. Bukan hanya satu, biasanya stiker yang disematkan berjumlah banyak.

Baca juga: Harga Oli Mobil Transmisi Matik per Februari 2022

Bahkan, jumlahnya tersebut menyebar hampir di seluruh kaca mobil belakang. Sebenarnya, menempelkan aneka stiker dalam jumlah banyak pada kaca belakang mobil berbahaya jika letaknya tidak tepat.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan stiker tersebut akan membahayakan pengendara saat melanjutkan mobilnya.

“ Ini akan menambah blind spot pada saat pengemudi akan memundurkan mobil,” kata Marcell baru-baru ini pada Kompas.com.

Blind spot atau titik buta adalah bagian area yang sulit dideteksi. Area ini sulit dijangkau oleh penglihatan pengemudi saat berkendara.

Oleh karena itu, setiap pengendara kerap sulit memandang area tertentu, maka daerah tersebut disebut blind spot.

Sementara itu, kecelakaan saat kecepatan rendah didominasi saat mobil sedang bergerak mundur. Dan acapkali kecelakaan ini terjadi karena blind spot.

Karena blind spot mobil tanpa stiker saat bergerak mundur sudah sangar besar, dengan adanya stiker akan kian bertambah. 

Baca juga: Modifikasi Honda Vario 160 Bergaya City Touring

Dengan menempelkan stiker dengan jumlah yang banyak pada kaca mobil bagian belakang akan menambah blind spot saat mobil akan mundur.

Marcell juga mengatakan, sebenarnya tidak ada larangan untuk menempelkan stiker pada kaca belakang mobil.

Selama stiker berada di garis bagian hitam pinggiran mobil, maka posisi stiker aman bagi keselamatan berkendara.

Bila stiker ditempel secara acak dan keluar dari garis hitam yang di maksud, maka ini tidak akan berbahaya. Pandangan pengemudi akan terhalang oleh posisi stiker yang menutupi kaca belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.