Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Baik Mana, Pasang Sarung atau Retrim Jok Mobil?

Kompas.com - 27/01/2022, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jok mobil standar biasanya dibekali dengan jok berbahan fabric. Tak jarang pemilik kendaraan yang kurang nyaman dan merasa belum mewah pada tampilan joknya, sehingga melakukan modifikasi pada lapisan bahan yang membalutnya.

Memodifikasi jok bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan sarung atau melapisi ulang (retrim) jok dengan bahan baru. Kedua model ubahan ini bisa memilih bahan semi kulit (sintetis).

Sebelum melakukan pasang sarung atau retrim pada jok mobil, ada baiknya pemilik kendaraan mengetahui kelebihan masing-masing modifikasi ini.

Baca juga: Jangan Sembarang Retrim Bila Jok Mobil Dilengkapi Airbag

Edy, Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara mengatakan, kelebihan dari menggunakan sarung jok dibandingkan dengan retrim jok yaitu dari segi harga dan kemudahan dalam pemasangan.

Ilustrasi material jok berbahan Fabricstanly Ilustrasi material jok berbahan Fabric

“Jika bicara harga, sudah pasti sarung jok lebih murah. Sebab retrim mengganti fabric dengan lapisan yang baru. Sementara, sarung jok lebih mudah dipasang, karena tidak perlu melepas bahan fabric pada jok bawaan,” ucap Edy belum lama ini kepada Kompas.com.

Sementara itu, kelebihan dari retrim jok yaitu bahan yang digunakan dan bentuknya bisa menyesuaikan dengan keinginan pemilik.

Baca juga: Bedah Eksterior Kia Seltos Diesel, Sporty ala Korea

“Bisa juga ditambahkan busa pada jok agar semakin nyaman. Penyesuaian seperti ini hanya bisa dilakukan ketika retrim jok,” katanya.

Selain itu, ketika melakukan retrim jok, lapisan fabric bawaannya akan diberikan kepada pelanggan.

“Jadi kalau misalnya ingin dikembalikan ke standar bisa dilakukan,” kata Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com