Jangan Sembarang Retrim Bila Jok Mobil Dilengkapi Airbag

Kompas.com - 26/01/2022, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melapisi ulang jok mobil, atau kearap disebut retrim, kerap dilakukan pemilik kendaraan yang punya tampilan interior standar atau lawas. 

Tapi bagi pemilik mobil modern yang sudah dilengkapi airbag samping atau side airbag pada jok, apakah retrim tetap bisa dilakukan?

Edy, pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter mengatakan, retrim jok mobil masih bisa dilakukan untuk kendaraan yang dilengkapi airbag samping.

Namun ada tapinya, yakni ada cara khusus ketika mengerjakan. Artinya tidak bisa sembarang agar fungsi dari airbag tetap bisa bekerja.

Baca juga: Modal Rp 3 Jutaan, Innova Lawas Bisa Pakai Jok Captain Seat

“Tetap bisa dilakukan. Karena kita menggunakan benang dan teknik penjahitan khusus, di mana teknik tersebut sudah kita pelajari dari principal di Austria sebagai acuan untuk keamanan dalam berkendara. Sehingga airbag tetap bisa berfungsi dengan baik,” ucap Edy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

.Automotive Times .

Menurut Edy, kesulitan dalam pengerjaan hampir sama dengan jok yang lain, yang terpenting sudah mengerti bagian mana saja yang menggunakan benang dan pola jahitan yang sesuai standar, agar airbag tetap berfungsi.

Baca juga: Cara Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Ternyata Tidak Disarankan

“Kesulitan dalam pengerjaannya sama. Mamun ketika retrim jok yang memiliki airbag harus pastikan kalau ketika kecelakaan, jahitan tidak menahan kantung udara untuk keluar dari jok,” kata Edy.

Sebab itu, melihat fungsinya yang penting dalam keselamatan, melakukan modifikasi retrim jok kendaraan harus dilakukan orang yang berpengalaman. Jangan sampai mengurangi unsur keselamatan pada kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.