Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha dan Sopir Kendaraan Niaga Wajib Paham Pedoman Pemeliharaan

Kompas.com - 26/01/2022, 11:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membeli unit kendaraan niaga, agen pemegang merek (APM) maupun perusahaan karoseri perakit bodi pasti akan memberikan manual book atau buku petunjuk pemeliharaan.

Manual book berfungsi sebagai pedoman dalam memelihara sebuah kendaraan agar kondisinya tetap prima dan aman digunakan. Jika dari pihak APM atau perusahaan karoseri tidak menyertakan manual book dalam pembelian, maka wajib untuk dimintakan.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan turut menambahkan, pembeli kendaraan niaga juga wajib meminta diagram kelistrikan di samping buku petunjuk pemeliharaan.

Baca juga: Skema Kredit Motor Baru Yamaha Fazzio, Mulai Rp 1 Jutaan

Dalam sesi diskusi virtual belum lama ini, Wildan menjelaskan bahwa diagram kelistrikan termasuk hal yang vital dan wajib dipahami baik oleh pemilik kendaraan niaga maupun pengemudinya.

Ilustrasi truk melaju di jalan raya.SHUTTERSTOCK/lassedesignen Ilustrasi truk melaju di jalan raya.

"Saat membeli produk, beri manual book dan diagram kelistrikannya kepada mekanik dan pengemudi, lalu tanyakan, sudah paham belum tentang karakteristik dan pengoperasiannya," kata Wildan menjelaskan.

Apabila mekanik dan pengemudi belum sepenuhnya memahami, maka pemilik kendaraan wajib mengajaknya ke pihak APM atau karoseri untuk belajar tentang karakteristik, cara mengoperasikan, serta prosedur pemeliharaan yang benar.

Baca juga: Cara Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Ternyata Tidak Disarankan

Tentu hal ini berlaku untuk semua jenis kendaraan niaga, bukan cuma angkutan barang seperti mobil pikap dan truk, tapi juga angkutan penumpang seperti bus.

Wildan menegaskan hal tersebut penting dilakukan sebagai salah satu upaya menerapkan sistem manajemen keselamatan, agar berbagai potensi kecelakaan dapat ditekan seminimal mungkin.

Ia menambahkan, ada 3 aspek penting yang wajib jadi perhatian. Aspek-aspek tersebut meliputi pedoman pemeliharaan, prosedur pemeliharaan, dan sumber daya manusia yang kompeten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com