Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 25 Titik Pemeriksaan di Jalur Puncak Saat Libur Nataru

Kompas.com - 10/12/2021, 13:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Guna mengendalikan mobilitas dan keramaian yang mengarah ke Puncak, Bogor, Jawa Barat, kepolisian telah berkoordinasi untuk mendirikan check point atau titik pemeriksaan sertifikat vaksinasi Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dilansir dari Antara (10/12/2021), lima Kapolres di wilayah Jawa Barat berencana mendirikan 25 check point di jalur Puncak.

Lima Kapolres itu antara lain dari Polres Bogor, Polresta Bogor, Polres Sukabumi, Polresta Sukabumi, dan Polres Cianjur.

Baca juga: Harga Xpander dan Xpander Cross di Surabaya, Mulai Rp 250 Jutaan

Ilustrasi kemacetan di jalur puncakANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Ilustrasi kemacetan di jalur puncak

Kelimanya bakal melakukan koordinasi khusus untuk mengantisipasi kepadatan serta kerumunan di jalur Puncak selama libur Nataru.

“Rinciannya 10 titik di Kabupaten Bogor, enam titik di Kota Bogor, tiga titik di Kabupaten Sukabumi, dan dua titik di Kota Sukabumi, dan empat titik di Kabupaten Cianjur,” ujar AKBP Harun, Kapolres Bogor di Ciawi, Bogor (9/12/2021).

Harun juga mengatakan, kepolisian sepakat dengan beberapa skenario rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap, contra flow atau lawan arus, serta sistem buka tutup jalur.

Baca juga: Honda Stop Penjualan Civic Hatchback RS, Sisa 21 Unit di Indonesia

Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Situasi arus lalu lintas di kawasan bundaran tugu lampu Gentur Pos TMC Cianjur, Jawa Barat, saat pemberlakuan sistem ganjil genap jalur Puncak, Jumat (3/9/2021) petang.

“Filter awal ganjil-genap itu di jalan tol. Nanti kita lihat kondisi jalan ini crowded atau bagaimana, nanti akan kita gunakan rekayasa lalu lintas,” ucap Harun.

“Bisa pengalihan, bisa juga sesuai dengan kapasitas dan lain-lain. Bukan penutupan tetapi pengalihan arus,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com