Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Bodi Bus Skylander HDD Mesin Depan Milik PO Harvest

Kompas.com - 30/11/2021, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri New Armada merupakan salah satu karoseri pembuat bodi bus terbesar di Indonesia. Salah satu produk unggulan dari karoseri yang bermarkas di Magelang, Jawa Tengah ini adalah Skylander.

Ternyata, selain punya model untuk bus besar bermesin belakang, Skylander juga bisa dipasang ke bus dengan mesin depan. Misalnya seperti unit milik PO Harvest yang memakai sasis Hino AK 215 yang belum lama ini rilis dari Karoseri New Armada.

Lilik Prasetyawan, Business Advisor dan Sales Karoseri New Armada mengatakan, untuk bodi, Skylander bermesin depan ini memakai tinggi HDD, alias Skylander HDD. Secara eksterior, tidak banyak ubahannya.

Baca juga: Skema Kredit Xenia Model Baru, Cicilan Mulai Rp 3 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by New Armada (@newarmada.official)

 

“Kalau perubahan secara bodi, hanya menyesuaikan untuk ruang mesin, lainnya sama,” ucap Prasetya kepada Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Mengingat posisi mesin Hino AK 215 yang ada di depan, dek di samping bangku pengemudi posisinya agak tinggi. Kemudian di bagian belakang yang kosong dimanfaatkan sebagai bagasi selain yang ada di samping bodi bus.

Jika dilihat, perbedaan paling terlihat ada pada gril depan yang kini dibuat bolong. Tentu saja adanya gril ini membantu mesin mendapatkan udara untuk suplai mesin yang posisinya ada di depan.

Baca juga: Berapa Denda yang Harus Dibayar Penunggak Pajak Kendaraan?

Kabin bus AKAP baru PO BrilianDOK. NEW ARMADA Kabin bus AKAP baru PO Brilian

Selain itu, tampilan luar persis dengan Skylander HDD mesin belakang, jadi tidak ada perbedaannya. Masuk ke kabin, jok yang digunakan adalah buatan Karoseri New Armada dengan nama Evoseat yang disusun 2-2.

“Di bagian belakang jok ada cup holder dan dua colokan USB untuk mengisi daya telepon genggam,” ucapnya.

Untuk bodi Skylander, bisa ditemui dalam bentuk HDD, baik mesin depan atau belakang, Skylander SHD, dan Skylander Double Decker. Skylander memang punya desain eksterior yang unik, mulai dari lampu depan hingga selendang layaknya jangkar terbalik seperti logo Karoseri New Armada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com