Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Diskon PPnBM Bakal Diperpanjang Tahun Depan?

Kompas.com - 13/11/2021, 17:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Dampak positif dari insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberikan pemerintah langsung dirasakan industri otomotif.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan, penjualan mobil langsung meroket penjualan mobil meroket imbas insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) yang berakhir pada Desember 2021.

“Dilaporkan kalau tahun kemaren total 530.000 unit, tahun ini Insya Allah bisa mencapai 850.000 unit,” ujar Airlangga saat ditemui di Tangerang (11/11/2021).

Baca juga: Ini Lokasi Operasi Zebra Jaya di Kota Bekasi Mulai Senin

Suasana kunjungan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang pada GIIAS 2021 yang digelar masih dalam suasana pandemi, Kamis (11/11/2021).KOMPAS.com/Stanley Ravel Suasana kunjungan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang pada GIIAS 2021 yang digelar masih dalam suasana pandemi, Kamis (11/11/2021).

“Dan ekspor diperkirakan bisa sekitar 300.000 unit, dan kenaikan dari tahun kemarin sekitar 220.000 unit,” kata dia.

Airlangga juga mengatakan, kebijakan ini membuat industri otomotif dan turunannya bergerak. Namun ia belum bisa memastikan apakah relaksasi ini berlanjut tahun depan.

"PPnBM sampai bulan Desember, tentu kita akan evaluasi lagi," kata Airlangga.

Baca juga: Wuling Siap Produksi Mobil Listrik Pertama Buatan Cikarang

Proses Perakitan Mobil di Pabrik TMMINdok.TMMIN Proses Perakitan Mobil di Pabrik TMMIN

Sebagai informasi, periode pemberian diskon PPnBM habis pada 31 Desember 2021. Maka 29 mobil baru ini akan dikenakan tarif PPnBM normal, dengan demikian harga mobil bakal terkerek naik pada tahun depan.

Selain itu, pemerintah juga sudah mengubah tarif PPnBM normal untuk mobil baru sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2019 yang ditetapkan berlaku mulai 16 Oktober yang disesuaikan berdasarkan emisi.

Artinya, harga-harga mobil baru bukan cuma balik ke angka normal. Tapi bakal ada yang lebih mahal terkait skema pajak terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com