Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Saat Bertemu Bus Ugal di Jalan Tol, Jangan Panik

Kompas.com - 14/08/2021, 14:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Infrastruktur jalan tol di Indonesia memang bisa dibilang sudah sangat baik. Apalagi di Pulau Jawa, ada Tol Trans Jawa yang menghubungkan beberapa kota dan Banten sampai Jawa Timur.

Adanya jalan tol ini juga dimanfaatkan PO bus untuk mempersingkat waktu perjalanan. Jadi yang semula bus menggunakan Jalur Pantura atau selatan, sekarang turut menggunakan Tol Trans Jawa.

Namun, jalan tol yang mulus kerap dimanfaatkan para sopir bus untuk memacu kendaraannya. Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam owners indonesia di Instagram, dua buah bus menyalip kendaraan kecil dari sisi kanan dan bahu jalan.

Baca juga: Video Bukti Vinales Geber Motor Yamaha YZR-M1 Secara Tidak Normal

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Bisa dilihat, kendaraan kecil tadi nampak oleng karena angin yang kencang dibawa oleh bus. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, bagi mobil kecil di jalan tol, harus waspada.

Mobil kecil pasti akan bermasalah dengan keseimbangannya ketika disalip mobil besar. Biar aman, selalu jaga jarak, jangan panik, dan pertahankan mobil di lajurnya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (14/8/2021).

Baca juga: Mengenal Pelat Nomor Dewa yang Ada di Jalan Raya

Untuk lebih aman lagi, selalu cek spion baik samping maupun tengah. Jadi ketika terlihat ada bus yang melaju kencang dari arah belakang, pengemudi sudah siap dengan angin yang dibawa olehnya, sehingga mobil bisa dikendalikan.

“Jangan disepelekan, kalau sinarnya datang dengan cepat, atau dari arah kiri, segera jaga jarak,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com