Video Bukti Vinales Geber Motor Yamaha YZR-M1 Secara Tidak Normal

Kompas.com - 13/08/2021, 15:45 WIB
Maverick Vinales diduga mengendarai YZR-M1 dengan tidak normal pada MotoGP Styria 2021 Dok. MotoGPMaverick Vinales diduga mengendarai YZR-M1 dengan tidak normal pada MotoGP Styria 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales resmi dicoret oleh Yamaha dari MotoGP Austria. Alasannya, menurut pernyataan resmi Yamaha, Vinales mengegas motornya secara tidak normal yang berpotensi menyebabkan kerusakan.

Belakangan ini, Vinales menjadi sorotan di MotoGP setelah Yamaha memutuskan untuk mencoret namanya pada seri kesebelas MotoGP 2021. Vinales kedapatan mengendarai motornya dengan tidak normal.

Baca juga: Vinales Dicoret Yamaha, Dianggap Sabotase Merusak Mesin YZR-M1

Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa Vinales menyabotase motornya sendiri. Vinales sendiri belum mengeluarkan pernyataan apapun untuk merespons kejadian ini.

Belum lama ini, MotoGP.com merilis video yang memperlihatkan lap terakhir sebelum Vinales masuk ke pit dan tidak menyelesaikan balapannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada video tersebut, terlihat Vinales beberapa kali menyentuh limiter. Bahkan, saat akan masuk ke pit, Vinales kembali mengegas motornya hingga menyentuh limiter.

Baca juga: Yamaha Coret Vinales dari MotoGP Austria, Kasus Motor Mogok

Berdasarkan pernyataan Yamaha, aksi Vinales berpotensi menyebabkan kerusakan mesin yang signifikan. Kerusakan tersebut berisiko mencelakai pebalap itu sendiri dan pebalap lainnya.

Maverick Vinales diduga mengendarai YZR-M1 dengan tidak normal pada MotoGP Styria 2021Dok. MotoGP Maverick Vinales diduga mengendarai YZR-M1 dengan tidak normal pada MotoGP Styria 2021

Sebab, dengan jebolnya mesin, tak menutup kemungkinan ada oli atau cairan lain yang berceceran di trek. Kondisi ini tentu sangat membahayakan pebalap apabila terjatuh.

Yamaha menyebutkan akan membuat analisis telemetri yang mendalam. Keputusan apakah Vinales akan mengikuti seri-seri berikutnya juga akan segera diumumkan setelah analisis dan diskusi antara Yamaha dan Vinales dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.