Ganjil Genap Berlaku di Cirebon, Tapi Tanpa Sanksi Tilang

Kompas.com - 14/08/2021, 10:22 WIB
Petugas memberhentikan seorang pengendara sepeda motor yang berplat genap, saat uji coba ganjil - genap di Jalan Tuparev, Cirebon Jumat (13/8/2021). Petugas meminta pengendara putar arah dan tidak boleh masuk ke Kota Cirebon. KOMPAS.COM/MUHAMAD SYAHRI ROMDHONPetugas memberhentikan seorang pengendara sepeda motor yang berplat genap, saat uji coba ganjil - genap di Jalan Tuparev, Cirebon Jumat (13/8/2021). Petugas meminta pengendara putar arah dan tidak boleh masuk ke Kota Cirebon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Cirebon, Jawa Barat Nashrudin Azis memastikan bahwa rekayasa lalu lintas dengan sistem ganjil-genap yang akan diterapkan pada Senin, 16 Agustus 2021 tidak akan ada sanksi tilang.

Hanya saja, para pengendara terkait harus putar balik ke titik awal serta mengambil jalur yang tidak diterapkan pembatasan serupa. Jadi, mobilitas warga bisa ditekan sehingga mengurangi penyebaran pandemi Covid-19.

"Sanksi kepada pengendara yang melanggar sistem ganjil genap hanya diputar balik, tidak ada sanksi tilang," kata Azis dalam keterangan tertulis, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Atraksi Mengundang Bahaya, Cewek Ini Silang Kaki Saat Naik Motor

Ilustrasi sistem ganjil genap kendaraan.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Ilustrasi sistem ganjil genap kendaraan.

Ia pun menyatakan, selama hari pertama pelaksanaan uji coba pada Jumat ini, arus lalu lintas cukup terkendali. Kemudian nanti petugas bakal terus melakukan evaluasi setiap harinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti dievaluasi, hari ini apa kekurangannya, besok apa kekurangannya, dan Senin barulah diterapkan ganjil genap," kata dia.

Menurut Azis, semua kebijakan yang diberlakukan orientasinya adalah bagaimana mengendalikan Covid-19 di Kota Cirebon.

Kebijakan ganjil genap ini hanya salah satu upaya membatasi mobilitas warga, agar kasus Covid-19 menurun dengan curam, sebab ketika semua langsung dilonggarkan, maka dikhawatirkan kasus kembali naik.

"Baik penyekatan, ganjil genap, maupun upaya lainnya, goal-nya adalah Covid-19 di Kota Cirebon terkendali dan jumlah kasusnya terus menurun," katanya.

Baca juga: Berlaku Besok, Simak Jadwal dan Lokasi Ganjil-Genap di Bandung

Adapun ruas jalan yang diberlakukan sistem ganjil genap meliputi Jalan Tuparev, Kartini, Cipto Mangunkusumo, Pasuketan, Pekiringan, Karanggetas, Siliwangi, dan Jalan Pemuda.

Kemudian waktu pelaksanaannya pada hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 7.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Khusus pelaksanaan uji coba pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2021, sistem ganjil berlaku mulai pukul 13.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.