Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Truk Harus Waspada Saat Bertemu Remaja di Jalanan

Kompas.com - 15/07/2021, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini kembali terjadi kecelakaan yang melibatkan remaja dengan truk. Remaja yang dengan sengaja menghadang truk harus terlindas karena truk tidak bisa berhenti.

Aksi remaja yang menghadang truk di jalanan saat ini memang ramai dilakukan, bahkan dibuat video untuk diunggah ke media sosial. Namun tentunya aksi seperti ini sangatlah berbahaya, jika terlambat mengerem, remaja tadi bisa terlindas.

Maraknya aksi remaja ini, tentu pengemudi truk harus lebih waspada. Mengingat jika terlibat tabrakan, tentu sopir truk diminta tanggung jawab, bahkan bisa sampai ke jalur hukum.

Baca juga: Update PPKM Darurat, Pos Penyekatan Jakarta Diperluas Jadi 100 Titik

Aksi remaja hadang truk Foto: Tangkapan layar Aksi remaja hadang truk

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengemudi truk agar bisa menghindari tabrakan dengan aksi remaja yang membahayakan.

“Ketika ditemukan anak-anak bergerombol di pinggir jalan, segera bersiap-siap mengerem untuk mengantisipasi tindakan ekstrem dari orang tersebut,” kata Sony kepada Kompas.com Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Berulang, Remaja Pria Terlindas Truk demi Konten Viral

Sony mengatakan, lebih baik truk berhenti daripada kaget dan melindas remaja tadi. Mengingat jika sudah ada korban, sopir bisa tersangkut masalah hukum.

“Jarak berhenti truk enggak bisa seketika, butuh jarak yang panjang. Selain itu, enggak bisa juga banting setir untuk menghindar karena keseimbangan truk langsung hilang dan berujung kecelakaan,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com