Berulang, Remaja Pria Terlindas Truk demi Konten Viral

Kompas.com - 15/07/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi lift axle pada truk Rick WeberIlustrasi lift axle pada truk

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar lagi di media sosial video yang memperlihatkan sekumpulan remaja mengadang truk yang sedang melaju di jalan raya. Rekaman tersebut viral setelah diunggah oleh akun instagram @agoez_bandz4, Rabu (14/7/2021).

Tren berbahaya ini memang kerap dilakukan oleh sekumpulan remaja atau bahkan anak kecil di bawah umur demi mendapatkan rekaman video yang nantinya viral. Mereka akan dinilai berhasil jika truk yang mereka adang berhenti sebelum menabrak mereka.

Namun, tidak jarang yang berujung fatal, seperti yang terjadi dalam video tersebut. Jadi, ketika remaja itu hendak menghentikan laju truk tronton setelah tikungan, malah terlindas.

Baca juga: Mobil Parkir Selama PPKM Darurat, Jangan Lupa Cek Kondisi Wiper

Seorang remaja pria hadang trukinstagram.com/agoez_bandz4 Seorang remaja pria hadang truk

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengingatkan, jalan raya merupakan tempat mesin atau kendaraan yang bergerak dinamis dengan kecepatan, karakter, dan kemampuan yang berbeda-beda.

“Artinya, berada di jalan raya saja harus siap menerima risiko kecelakaan, apalagi bermain-main dengan truk. Kalau mampu selamat itu hanya sesaat, karena besok-besok bahaya tetap mengintai,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Sony melanjutkan bahwa mengemudi kendaraan itu tidak semudah teori. Dari semua proses mengemudi, yang paling sulit adalah melakukan pengereman, apalagi untuk mobil truk yang jarak berhentinya tidak bisa seketika, butuh jarak yang panjang.

“Enggak bisa juga melakukan pengereman dengan cara menghindar, karena keseimbangan truk tersebut langsung hilang dan itu pasti susah dikuasai hingga banyak berujung kecelakaan,” kata dia.

Baca juga: PPKM Darurat, Servis Rutin Motor Bisa Pakai Home Service dari AHASS

Selain itu, menurut Sony, tidak semua pengemudi mampu mengemudi dalam kondisi prima. Contohnya pada malam hari, di mana kondisi pengemudi mengalami penurunan kemampuan motorik dalam bereaksi.

Aksi remaja hadang truk Foto: Tangkapan layar Aksi remaja hadang truk

“Kasihan pengemudinya, apabila ada korban, pasti dia tersangkut masalah hukum,” katanya.

Menurut Sony, dalam hal ini peran orangtua memang sangat dibutuhkan dalam memberikan edukasi bahwa hal tersebut sangat berbahaya untuk dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.