Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Mudik, Jangan Lupa Cek Kondisi Oli Sepeda Motor

Kompas.com - 18/05/2021, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pemerintah secara resmi telah memberlakukan larangan mudik Lebaran sejak 6 hingga 17 Mei 2021, nyatanya masih banyak masyarakat yang nekat untuk tetap melakukan mudik, dan itu didominasi oleh pengendara sepeda motor.

Bagi pemudik dengan sepeda motor yang telah kembali ke kota asal, disarankan untuk tidak lupa mengecek kondisi kendaraannya. Salah satunya adalah mengecek kondisi oli motor.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, pengecekan bisa dilakukan dengan melihat kapasitas dan kondisi dari olinya.

“Pengecekan kapasitas oli bisa melalui tuas level oli. Pada tuas tersebut tersedia indikator atas (upper) dan bawah (lower),” ucap Endro kepada Kompas.com pekan lalu.

Baca juga: Plus dan Minus Beli Tiket Bus Secara Online

Tuas level oli biasanya terletak dekat knalpot motor skuter matik (skutik), sedangkan pada motor bebek dan sport biasanya ada di bagian kanan dekat tuas rem belakang.

Cek oli motorOtomotifzone.com Cek oli motor

“Mengecek kondsi oli, biasanya dilihat dari warnanya. Kalau sudah hitam atau berubah warna, sebaiknya segera diganti. Bisa juga mengganti oli dengan mengikuti jadwal periodiknya,” ujar Endro.

Endro melanjutkan, jika sudah mengetahui kondisi oli, untuk mengecek kapasitasnya bersihkan terlebih dahulu tutup oli.

Baca juga: Laksana Bikin Bus Medium Spesial untuk Unika Soegijapranata

“Setelah dibersihkan, masukan kembali tutup oli ke lubang masuk, tidak perku dikencangkan. Lalu ambil kembali, akan ada sisa oli di batang pengukurnya. Jika sisa oli ada di antara batas upper dan lower, berarti kapasitas oli kurang,” kata dia.

Endro juga mengingatkan, ketika mengecek kapasitas oli, motor harus menggunakan standar tengah dan di atas permukaan yang datar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com