Laksana Bikin Bus Medium Spesial untuk Unika Soegijapranata

Kompas.com - 18/05/2021, 12:42 WIB
Bus baru Unika Soegijapranata DOK. LAKSANABUSBus baru Unika Soegijapranata

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Laksana asal Ungaran belum lama ini melakukan penyerahan satu unit bus medium kepada Unika Soegijapranata Semarang. Bus medium Laksana ini merupakan model Tourista XL Single Glass.

Walaupun hanya bus medium, ada beberapa keunikan dari bus milik Unika Soegijapranata, mulai dari susunan bangkunya hingga bagian jendela. Untuk sasisnya sendiri, Tourista XL ini dipasang ke sasis Hino FC.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, bus medium ini merupakan Tourista XL pertama yang menerapkan bangku physical distancing atau 1-1-1.

Baca juga: Syarat dan Biaya Perpanjang di SIM Keliling

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

“Ukuran bangkunya sama dengan buat bus medium. Cuma kalau biasanya kan langsung 2-2, ini kita buat satuan,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (18/5/2021).

Untuk bangkunya, fasilitas yang disematkan juga cukup sederhana, hanya ada armrest serta bottle holder di bagian belakang, tidak ada port USB. Selain itu, fasilitas lainnya juga cukup simpel, tidak banyak aksesori.

“Ada pemutar audio, dua TV berukuran 24 inci. Lalu sudah memakai lega light system yang bisa mengatur warna ambience light di kabin,” kata Werry.

Baca juga: Kebiasaan Pengemudi Mobil Matik yang Bikin Sering Jajan Rem

Kabin bus physical distancingDOK. LAKSANABUS Kabin bus physical distancing

Selain itu, pada beberapa kaca samping ada yang dibuat model sliding, sehingga udara segar bisa masuk ke kabin. Walaupunn ada kaca geser, bus medium ini tetap menggunakan AC dengan merek Denso.

Tourista XL dengan bangku physical distancing merupakan bus medium kedua yang sudah menerapkan bangku penumpang berjarak. Sebelumnya sudah ada PO Bagong dengan tajuk abnormal bus, memakai bangku 1-1-1 buatan Hai Rimba Kencana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.