Kompas.com - 18/05/2021, 13:12 WIB
ilustrasi beli tiket bus online liputan6.comilustrasi beli tiket bus online

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) saat ini masih menjadi pilihan sebagian orang untuk bepergian. Dahulu, jika ingin memesan tiket bus AKAP, harus ke agen tiket beberapa hari sebelumnya agar tidak kehabisan.

Namun saat ini, pembelian tiket bus bisa dilakukan secara online atau lewat aplikasi. Bahkan beberapa PO bus membuat website sendiri khusus untuk pemesanan tiketnya, selain itu ada juga yang melalui aplikasi pemesanan tiket.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan ketika memesan tiket bus secara online. Mulai dari praktis, cepat dan tidak ribet.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Pajero Final Edition, Dijual Mulai Rp 600 Jutaan

tiket bus akapkaskus tiket bus akap

“Membeli tiket bus dengan online memiliki proses yang mudah dan simpel, cocok untuk orang yang sibuk dan ingin praktis. Lalu bisa juga dapat promo dari aplikasinya,” kata Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Promo dari aplikasi ini biasanya hasil kerja sama antara PO bus dengan aplikasi pemesanan tiket. Misalnya ada potongan Rp 20.000 jika memesan tiket lewat aplikasi Redbus, maupun promo-promo lainnya.

Namun dari kepraktisan pemesanan tiket online, ada beberapa kekurangannya. Pertama bagi orang yang tidak biasa menggunakan pembayaran elektronik, akan sedikit kesulitan. Selain itu, ada juga yang tidak bisa memilih posisi duduknya ketika beli secara online.

Baca juga: Tarif Tiket Bus Jakarta – Yogyakarta Kelas Eksekutif Mulai Rp 100.000

Memang bagi orang yang sudah terbiasa dengan pembayaran online, tidak akan masalah dengan cara bayarnya. Selain itu untuk orang yang awam, tidak terlalu mementingkan posisi duduk ketika bepergian.

Namun, penggemar bus biasaya ingin memilih posisi tempat duduknya, agar bisa menikmati perjalanan. Selain itu, beberapa penggemar bus juga senang dalam mengoleksi tiket bus dengan bentuk yang keren dan hanya bisa didapatkan jika membeli di agen resmi atau kantor perwakilan.

“Kekurangan lainnya lebih ke selera, buat penggemar bus, bentuk tiket fisik yang sudah ditukarkan ketika beli secara online tidak keren, hanya kertas biasa,” ucap Dimas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X