Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Riding Gear yang Wajib Dipakai Biker Saat Terabas Jalur Off Road

Kompas.com - 18/05/2021, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor yang digunakan untuk di jalan aspal berbeda dengan di jalur tanah atau off road. Begitu pula dengan perlengkapan berkendaranya.

Berkendara off road menggunakan motor trail atau adventure. Pada trek off road, diharuskan melewati medan-medan yang berbeda dari biasanya, seperti jalanan berbatu, sungai, pasir, tanah dan lainnya.

“Namun, ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum berkendara ke jalur off road, mulai dari menyiapkan sepeda motor yang prima hingga perlengkapan berkendara atau riding gear yang tepat,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), dalam keterangan resminya.

Baca juga: Tips Terabasan buat yang Baru Main Motor Off-Road

Berikut riding gear untuk berkendara off road yang dibutuhkan untuk menimalisasi risiko terjadinya kecelakaan:

1. Helm

Helm cross dari Cargloss.ADVENTURIDERZ.com Helm cross dari Cargloss.

Perlengkapan berkendara yang satu ini sangatlah penting baik untuk berkendara on road maupun off road. Khusus untuk berkendara di jalur off road, helm yang digunakan adalah helm cross yang memiliki bentuk lebih panjang pada bagian rahang dan bagian atas yang didesain untuk memiliki fungsi masing-masing.

“Bagian rahang dibuat lebih panjang bertujuan agar mempermudah pengendara bernafas dengan siruklasi udara yang lebih baik namun tetap melindungi bagian rahang. Pada bagian atas atau pet cross berfungsi untuk melindungi tubuh dari ranting pohon ataupun benda lainnya yang dapat membahayakan wajah pengendara,” kata Ludhy.

2. Goggle Helm

Komunitas Pencinta Motocross Donasikan 1.000 Goggles untuk APDIstimewa Komunitas Pencinta Motocross Donasikan 1.000 Goggles untuk APD

Goggle pada helm berfungsi untuk melindungi mata kontak langsung dengan benda yang berbahaya. Fungsinya sama seperti visor pada helm pada umumnya. Namun, goggle dibuat terpisah karena bertujuan untuk mempermudah pengendara bernafas secara bebas dengan kondisi di jalur off road yang tidak dapat diprediksi. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan munculnya embun pada kaca visor atau goggle yang dapat mengganggu visibilitas pengendara.

3. Body Protector

Pebalap motocross memacu motornya dalam balapan. Pebalap motocross memacu motornya dalam balapan.

Body protector atau pelindung badan yang harus digunakan adalah pelindung pada bagian dada, leher, sikut, dan lutut.

“Semua bertujuan untuk melindungi pengendara dari benda-benda keras ketika berkendara di jalur off road,” ujar Ludhy.

4. Sepatu

Ragam sepatu road race, motocross, dan dragbike RCB Istmewa Ragam sepatu road race, motocross, dan dragbike RCB

Sepatu yang digunakan untuk berkendara di jalur off road sebaiknya menggunakan sepatu berjenis cross atau boots, karena akan melindungi bagian telapak kaki hingga betis dari benda-benda keras di jalur off road. Selain itu, dapat juga melindungi kaki pengendara jika tertimpa oleh motor saat terjatuh.

5. Sarung Tangan
Sarung tangan yang digunakan sebaiknya menggunakan sarung tangan khusus untuk off road dengan bahan kain di bagian atas dan berbahan kulit di telapak tangannya.

“Hal ini bertujuan untuk membuat pengendara lebih leluasa dalam menggerakkan jari-jarinya,” kata Ludhy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com