Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sabar di Pertigaan, Motor Hajar Motor

Kompas.com - 09/05/2021, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video memperlihatkan kecelakaan terjadi antara dua sepeda motor di pertigaan. Salah satu motor menabrak motor saat sedang melaju dari arah berlawanan.

Dalam video yang diunggah akun Dash Cam Owners Indonesia, motor yang akan menyeberang tampak tidak sabar. Sampai akhirnya menabrak motor yang sedang jalan.

Baca juga: Ini 31 Titik Pos Penyekatan Mudik di Jabodetabek

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani, mengatakan, meski terkesan remeh tak sedikit pengendara motor yang kurang awas saat akan belok sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Adapun dalam kasus ini pengendara yang akan menyeberang tidak sabar menunggu jalan kosong sehingga aman dimasuki.

“Harus sabar ketika berkendara karena keselamatan yang utama. Jangan memaksakan agar tidak terjadi tabrakan atau menyerempet dengan kendaraan lain,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Gejala Kaki-kaki Mobil Mulai Rusak, Sudah Minta Diurut

Polisi datangi lokasi terjadinya kecelakaan di pertigaan Arundina, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (29/8/2020)KOMPAS.COM/WALDA MARISON Polisi datangi lokasi terjadinya kecelakaan di pertigaan Arundina, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (29/8/2020)

Selain itu jika ingin belok, baik di pertigaan, perempatan atau yang lainnya, kata Agus, jangan lupa untuk melihat spion, menoleh dan mengecek kondisi belakang.

Perilaku ini bukan hal yang bisa disepelekan. Sebab banyak orang yang langsung belok sehingga menggunting jalur orang lain.

“Jika ingin belok, pertama yaitu menyalakan lampu sein ke arah yang dituju. Perhatikan kendaraan di sekitar melalui spion, kemudian menoleh untuk cek blind spot,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com