Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Toyota Bangun Ekosistem Mobil Listrik di Pulau Dewata

Kompas.com - 01/04/2021, 08:12 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis proyek EV Smart Mobility di Nusa Dua, Bali, Rabu (31/3/2021). Adapun proyek ini dibuat sekaligus untuk mewujudkan komitmen Mobility Happiness For All pada momen 50 tahunnya di Indonesia.

Sebanyak 30 unit mobil elektrifikasi disediakan Toyota guna memberikan pengalaman baru dalam bermobilitas dengan kendaraan ramah lingkungan.

Mobil tersebut terdiri dari 20 unit Toyota Coms, lima unit Toyota C+pod, dan lima unit Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

Baca juga: Banyak yang Belum Paham Perbedaan Mobil BEV, HEV dan PHEV

Toyota C+PodDOK. TOYOTA INDONESIA Toyota C+Pod

Coms dan C+pod merupakan mobil listrik murni dengan desain atraktif dan memiliki dimensi mungil. Keduanya bisa digunakan masyarakat dan turis di kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya, dengan maksud mendukung ecotourism di area tersebut.

 

Untuk Prius PHEV, bisa digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai. Tak hanya itu, sedan hybrid ini juga bisa dijadikan moda bermobilitas di wilayah Bali.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, dengan menginisiasi ecotourism yang terintegrasi dengan produk Toyota dalam proyek EV Smart Mobility, diharapkan bakal lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan kendaraan BEV dan PHEV buatan Toyota.

"Kami juga akan mengumpulkan umpan balik yang berharga dari pengguna, agar kami dapat lebih memahami keuntungan dan tantangan dari setiap jenis kendaraan elektrifikasi, serta kebutuhan masyarakat, yang akan membantu untuk meraih komitmen terhadap elektrifikasi massal di Indonesia," kata Henry dalam keterangan resminya, Rabu (31/3/2021).

Toyota Prius PHEVDOK. TOYOTA INDONESIA Toyota Prius PHEV

Tak hanya sekadar menyediakan unit, dalam proyek EV Smart Mobility, Toyota juga ikut melengkapi fasilitas shelter atau stasiun pengisian daya listrik dengan teknologi solar panel.

Bagi masyarakat Bali atau yang sedang berlibur dan ingin menjajal produk elektrifikasi Toyota dalam proyek EV Smart Mobility, caranya cukup mudah.

Baca juga: Gandeng Toyota, Menparekraf Hadirkan Pariwisata Mobil Listrik di Bali

Selain bisa langsung ke station di depan central parkir The Nusa Dua atau ke station di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua, EV Smart Mobility juga dapat diakses via digital melalui aplikasi mTOYOTA dan TRAC To Go.

Toyota C+Pod dan ComsDOK. TOYOTA INDONESIA Toyota C+Pod dan Coms

Toyota ikut melengkapi unit Toyota C+pod dan Toyota Prius PHEV dengan fitur Digital Key, dengan demikian pengguna dapat melakukan seluruh akses secara digital, mulai dari booking, pembayaran, hingga akses membuka dan mengunci pintu mobil, serta menyalakan mobil hanya dengan menggunakan ponsel pintar.

Melalui kemudahan digitalisasi, pengguna dapat menggunakan kendaraan tanpa perlu melakukan kontak langsung dengan banyak orang, sehingga penerapan protokol kesehatan diklaim semakin baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com