Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketemu dengan Bus Ngeblong, Segera Cari Ruang Aman untuk Menghindar

Kompas.com - 12/03/2021, 15:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyaknya mobil yang memakai kamera dasbor atau dash cam memperlihatkan banyak kelakuan pengguna jalan di Indonesia yang berbahaya.

Misalnya video yang diunggah oleh akun Dashcam Owners Indonesia di Instagram. Video tersebut memperlihatkan kelakuan sopir bus yang ngeblong atau lawan arah, yang mengambil jalur berlawanan untuk menyalip kendaraan.

Pengemudi dari arah berlawanan pun hanya bisa mengklakson bus tersebut dan berusaha menghindar.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, banyak sekali kejadian bus melakukan manuver seperti tadi tanpa mengindahkan faktor keselamatan.

Baca juga: Catat, Ini Tarif Resmi Perpanjangan SIM A dan C

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Menyusul itu lihat marka jalannya, rambu-rambunya, kondisi jalan, lingkungan, dan lalu lintasnya. Banyak pengemudi dari arah sebaliknya terpaksa harus bertaruh nyawa karena perilaku pengemudi bus yang seperti ini,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (12/3/2021).

Sony mengatakan, ada dua hal yang harus dilakukan oleh pengemudi saat menghadapi kondisi seperti tadi. Pertama, yaitu merekam dan melaporkan. Hal ini dilakukan agar mereka ditertibkan dan dihukum sehingga bisa menekan angka kecelakaan.

Baca juga: Perang Harga Bus Mewah Jakarta–Malang, Mulai Rp 300.000

“Kedua, yaitu pengemudi harus melihat spot atau ruang aman di pinggir jalan untuk menghindar. Caranya yaitu dengan menjaga kecepatan, sehingga reaksi dari tindakan pengemudi sesuai dengan arah yang benar,” kata Sony.

Sony mengingatkan agar mengemudi aman saat bertemu bus, satu-satunya cara yaitu menghindar. Tidak ada gunanya meladeni pengemudi bus yang ugal-ugalan, jangan sampai pertaruhkan nyawa karena merasa benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com