Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Pengendara Motor Saat Ngerem Pakai Motor Kopling

Kompas.com - 12/03/2021, 12:41 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menarik tuas kopling sepeda motor saat ngerem apalagi dadakan tidak perlu dilakukan setiap saat. Sebab jika kopling ditarik justru tidak ada engine brake.

Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, Agus Sani, mengatakan, menarik kopling saat mengerem merugikan karena mesin tidak bisa membantu perlambatan.

Baca juga: Obat Ganteng Yamaha WR 155 R, Touring dan Terabas Jadi Makin Asyik

“Ketika mau rem mendadak juga kopling adalah hal terakhir yang ditarik, agar mesin membantu pengereman,” kata Agus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Gara-gara solar tumpah di jalan, sejumlah pengendara motor jatuh di Jalan Lenteng Agung Barat tepatnya di dekat Universitas Indonesia, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Rabu (13/1/2021) pagi.Dok. Yadi Gara-gara solar tumpah di jalan, sejumlah pengendara motor jatuh di Jalan Lenteng Agung Barat tepatnya di dekat Universitas Indonesia, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Rabu (13/1/2021) pagi.

Agus mengatakan, penting untuk mengerti fungsi kopling. Kopling hanya digunakan pada saat perpindahan gigi atau pada saat berhenti jika posisi gigi tidak netral.

Caranya ialah buang kebiasaan memegang tuas kopling ketika berkendara. Dengan begitu jadi tidak sering memainkan kopling.

Baca juga: Ini Batasan Umur untuk Pengajuan SIM

Kecuali kata Agus, jika dalam keadaan macet dan di bawah kecepatan 10 kpj untuk mencegah mesin mati mendadak.

“Ingat selalu kopling hanya ditarik saat ingin ganti gigi, motor berhenti dalam kondisi masuk gigi dan ketika setelah melakukan pengereman,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com