Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lesu, Pasar Mobil Bekas Mulai Kena Dampak Diskon Pajak

Kompas.com - 21/02/2021, 08:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Calon pembeli mobil baru bakal mendapat sejumlah keringanan jika membeli pada Maret mendatang. Hal ini jadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang sudah berniat lama memiliki kendaraan.

Selain mendapat diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), pemerintah telah mengumumkan untuk memberikan keringanan kredit dengan DP 0 persen.

Agus Gumiwang Kartasamita, Menteri Perindustrian RI, mengatakan, pemerintah ingin meningkatkan pertumbuhan industri otomotif yang anjlok pada tahun lalu.

Baca juga: Daihatsu Sayangkan Banyak Pihak Salah Perhitungkan PPnBM Nol Persen

Membeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan. SHUTTERSTOCK Membeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan.

“Industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan yang memiliki kontribusi sangat besar terhadap perekonomian nasional,” ujar Agus, dalam konferensi peluncuran IIMS Virtual, Kamis (18/2/2021).

Kebijakan pemerintah untuk merelaksasi pajak mobil baru lewat komponen PPnBM mulai berdampak pada pasar mobil bekas.

Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88, mengatakan, rencana penerapan insentif PPnBM telah membuat penjualan mobil bekas menurun.

Baca juga: Meski Pakai Mesin Toyota Hilux, Auto2000 Tak Bisa Maksimal Servis Maung Pindad

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

“Pastinya sekarang orang banyak yang nahan, karena mau lihat kondisi bulan depan seperti apa,” ujar Fischer, kepada Kompas.com (19/2/2021).

Padahal, menurut Fischer penjualan mobil bekas pada awal 2021 sudah meningkat dibandingkan akhir 2020.

“Januari kemarin sudah naik 5 sampai 7 persen dibandingkan akhir tahun lalu. Penjualan sekarang malah agak lambat, wajar sih jadi pada nunggu aturan tadi,” katanya.

Baca juga: Begini Cara Benar Amankan Mobil Saat Rumah Terendam Banjir

Mobil masih kredit bisa buat trade-in di Mobil88.ISTIMEWA Mobil masih kredit bisa buat trade-in di Mobil88.

Untuk diketahui, pemerintah memang telah mengumumkan rencana tersebut. Hal ini tentu saja dapat mengurangi harga mobil baru.

Tanpa PPnBM mobil baru dipercaya akan lebih murah 10 hingga 20 persen. Kebijakan itu rencananya bakal diterapkan selama sembilan bulan mulai Maret 2021. Namun, sejauh ini belum ada ketentuan teknis pelaksanaan yang diterbitkan pemerintah.

Sebelumnya hanya disebutkan mobil-mobil yang mendapat insentif memiliki kapasitas mesin di bawah 1.500 cc, berpenggerak 4x4, termasuk sedan, dan memiliki kandungan lokal 70 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com