Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Pakai Mesin Toyota Hilux, Auto2000 Tak Bisa Maksimal Servis Maung Pindad

Kompas.com - 20/02/2021, 09:42 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan Maung yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero) menggunakan basis Toyota Hilux bermesin diesel berkapasitas 2.400 cc.

Selain untuk militer, Perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial itu menyediakan versi sipil.

Abraham Mose, Direktur Utama PT Pindad (Persero) mengatakan, melalui Maung versi sipil, Pindad berkomitmen meramaikan pasar komersil di Indonesia tahun ini.

Maung versi sipil akan berbeda dengan unit yang digunakan militer. Komponen seperti bracket senjata dan roll bar, dipastikan tidak diaplikasi, bahkan ada beberapa penyesuaian lainnya.

Mobil dari PT Pindad yang dibeli oleh bupati terpilih Hendy Siswanto sebagai kendaraan operasionalDOK TIM HENDY SISWANTO Mobil dari PT Pindad yang dibeli oleh bupati terpilih Hendy Siswanto sebagai kendaraan operasional

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, ketika masyarakat membeli Maung versi sipil, kelak ketika melakukan servis berkalanya di mana, apakah di Pindad atau bisa datang ke bengkel resmi Toyota, seperti Auto2000?

Ketika KOMPAS.com mengkonfirmasi, Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan tidak menjawab secara spesifik. Dia hanya menjelaskan gambaran umum atau tidak mau berkomentar lebih soal servis Maung Pindad.

"Pada prinsipnya kami tidak akan menolak mobil Toyota jenis apapun yang dijual secara resmi di Indonesia," ucap Martogi, Selasa (16/2/2021).

Ilustrasi servis di Bengkel Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis di Bengkel Auto2000

Martogi menjelaskan, mengenai kendaraan modifikasi, tentu ada beberapa bagian yang bisa dikerjakan secara reguler service dan untuk ketersediaan suku cadang banyak tidak dimiliki oleh Auto2000.

"Maksudnya ini saya sampaikan secara umum, untuk kendaraan yang diubah bentuknya atau dimodifikasi," kata Martogi.

Bisa Servis di Pindad

Pindad Maung 4x4Dok. Pindad Pindad Maung 4x4

Manager Komunikasi Korporat PT Pindad Komarudin mengatakan, untuk pergantian suku cadang dan servis, disarankan kepada pemilik Maung versi sipil bisa dilakukan di bengkel Pindad.

"Sebaiknya servis di Pindad saja, jangan di bengkel luar, karena Maung merupakan produk Pindad, sehingga untuk servis dan purna jualnya tetap ke Pindad," kata Komarudin kepada KOMPAS.com, belum lama ini.

Secara spesifikasi, Maung menggunakan basis mesin dari Toyota Hilux dengan kapasitas silinder 2.494 cc turbo diesel 16 Valve DOHC.

Baca juga: Keran Pemesanan Belum Dibuka, Bagaimana Cara Beli Maung Versi Sipil?

 

Mengacu data di atas kertas, jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 tk, sedangkan untuk torsinya yaitu 400 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan ke sistem penggerak 4WD dengan rear differential lock.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com