Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2021, Prediksi Mobil Baru yang Siap Mengaspal di Indonesia

Kompas.com - 01/01/2021, 07:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar agen pemegang merek (APM) di Indonesia menahan diri meluncurkan produk barunya di 2020.

Namun pada 2021, diprediksi bakal menjadi momen "balas dendam" bagi APM yang sebelumnya sudah berpuasa cukup lama untuk merilis produk barunya.

Lantas apa saja mobil baru yang bakal hadir di pasar otomotif Indonesia pada 2021, berikut prediksinya ;

Toyota

Tak hanya menjadi momen untuk mengenalkan jajaran mobil elektrifikasinya di Indonesia, pada 2021 dikabarkan Toyota juga bakal meluncurkan beberapa produk konvensionalnya.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Gempuran Merek Non-Jepang di Pasar Otomotif Nasional

Salah satu yang cukup dinanti adalah kehadiran Toyota Raize. Meski belum ada omongan resmi dari pihak Toyota Indonesia, namun banyak beredar informasi bila setelah tertunda pada 2020, SUV dengan desain kompak ini bakal hadir di Indonesia.

Toyota GR Yarisglobal.toyota Toyota GR Yaris

Selain Raize, Toyota juga sudah memberikan sinyal kuat kehadiran All New GR Yaris di pasar Indonesia. Tingginya animo masyarakat soal hatchback besutan Gazoo Racing tersebut, membuat Toyota berencana untuk memasukannya di 2021.

"Memang sudah banyak sekali konsumen kami yang menanyakan soal GR Yaris, kita pun sudah mendengar itu semua. Tapi perlu ditekankan, bila GR Yaris itu beda dengan Yaris yang ada sekarang. Kita akan coba pelajari pasarnya di Indonesia," ucap Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy beberapa waktu lalu.

Kemudian, dua model lain yang diprediksi akan meluncur adalah edisi Khusus 50 tahun Fortuner dan Kijang Innova. Pada 2021, Toyota Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-50, sudah jadi kebiasaan merek-merek yang lebih dahulu merayakan kehadirannya di Indonesia meluncurkan produk spesial.

Daihatsu

Selain Toyota, Daihatsu diprediksi juga bakal melepas Rocky untuk pasar Indonesia tahun ini. Seperti diketahui, kabar kehadiran Rocky sendiri sudah cukup ramai diperbincangkan sejak pertama kali meluncur di Jepang pada 2019 silam.

Daihatsu Rocky nampakan diri di Tokyo Motor Show 2019 Daihatsu Rocky nampakan diri di Tokyo Motor Show 2019

Walau Daihatsu masih bungkam soal rencana Rocky, tapi di 2020 beberapa kali penampakannya sudah mulai tertangkap kemera sedang melakukan pengetesan di Indonesia.

Renault

Pasar SUV kompak di 2021 bakal memiliki banyak pilihan. Setelah Kia Sonet dan Nissan Magnite di akhir 2020, Maxindo Renault Indonesia (MRI) sebagai pemegang merek Renault di Indonesia, juga telah memastikan Kriger bakal hadir di Tanah Air.

Baca juga: Terafiliasi Toyota, Daihatsu Ikutan Konversi Xenia Jadi Hybrid?

"Kriger nantinya adalah sebuah pelengkap dalam rangkaian lini produk Renault di Indonesia," ucap Davy J Tuilan, Chief Operating Officer Renault Indonesia pada pertengahan Desember 2020.

Ilustrasi SUV Renault KigerKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi SUV Renault Kiger

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com