Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban HPM Soal Rumors Honda City Hatchback dan Jazz di Indonesia

Kompas.com - 02/12/2020, 07:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda resmi merilis generasi baru dari City yang kini bertransformasi dari sedan menjadi hatchback. Desainnya masih kental dengan nuansa City model sedan terutama bagian depan.

Kehadiran City Hatchback pertama kali hadir di Thailand mengundang beragam spekulasi, yang utama adalah rumors sebagai pengganti Honda Jazz di Indonesia.

Seperti diketahui, sampai saat ini PT Honda Prospect Motor (HPM) memang belum melakukan ubahan apapun terhadap hatchback andalannya, Jazz. Padahal generasi baru sudah meluncur di Jepang sejak tahun lalu.

Apalagi ditambah dengan rival beratnya, yakni Toyota Yaris, sudah lebih dulu bersolek dan resmi dirilis oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu.

Baca juga: Lebih Fungsional, Honda City Hatchback dengan Aksesoris Modulo

Ilustrasi Honda City HatchbackHonda Ilustrasi Honda City Hatchback

Menanggapi spekulasi yang ada soal City Hatchback menggantikan Honda Jazz, Business Inovation and Sales & Marketing Director P HPM Yusak Billy mengatakan, hal tersebut masih dipelajari.

"Apakah City Hatchback akan diluncurkan, menggantikan Jazz atau tidak, atau justru akan berdampingan dengan Jazz, semua itu masih kami studi lebih lanjut sampai saat ini," ucap Yusak saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/12/2020).

Selebihnya Yusak, enggan untuk membicarakan lebih jauh mengenai kehadiran Honda City Hatchback, termasuk kapan bakal masuk ke pasar Indonesia.

Honda Jazz dipamerkan pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2017). GIIAS 2017 akan berlangsung hingga 20 Agustus 2017 KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Honda Jazz dipamerkan pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (10/8/2017). GIIAS 2017 akan berlangsung hingga 20 Agustus 2017

Namun dia memastikan bila semua produk Honda yang akan rilis di Tanah Air, nantinya sudah sesuai dengan target pasar yang ada.

"Produk yang kami perkenalkan itu selalu sesuai target dan keinginan konsumen di Tanah Air," kata Billy.

Bila dibandingkan, secara dimensi Honda City Hatchback masih lebih panjang dan lebar di bandingkan dengan Jazz. Tapi dari sisi tinggi dan sumbu roda, Jazz lebih unggul.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Balai Lelang, Bisa Dapat Honda Jazz

Soal mesin sendiri sangat signifikan perbedaannya. Hona Jazz masih menggunakan mesin 1.500 cc i-VTEC dengan tenaga 118.3 tk dan torsi 145 Nm, sementara City Hatchback mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder turbo yang memiliki tenaga 120,3 tk dan torsi 173 Nm.

Ilustrasi Honda City Hatchback Modulopaultan.org Ilustrasi Honda City Hatchback Modulo

Berdasarkan data di atas kertas, secara performa walau mesin lebih munggil namun City Hatchback jauh lebih unggul dibandingkan Jazz yang ada saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com