Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Macet, Sudah 160.000 Kendaraan Menuju Jakarta via Tol

Kompas.com - 01/11/2020, 13:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 160.204 kendaraan menuju Jakarta pada hari pertama arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi 1442 H. Angka ini merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa Gerbang Tol (GT).

Total volume lalu lintas yang menuju Jakarta dari GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan) naik 36,8 persen jika dibandingkan saat new normal.

Distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah ini, mayoritas sebanya 53,2 persen dari arah Timur, 25,4 persen dari arah Barat, dan 21,4 persen dari aah Selatan. Adapun rincian distribusi lalu lintas sebagai berikut:

Baca juga: Jasa Marga Imbau Masyarakat Tak Kembali ke Jakarta Besok, Ini Alasannya

Petugas memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020.ANTARA FOTO/FAUZAN Petugas memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020.

ARAH TIMUR

- GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 43.393 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 57,3 persen dari lalin new normal.

- GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 41.794 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 56,9 persen dari lalin new normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 85.187 kendaraan, naik sebesar 57,1 persen dari lalin new normal.

ARAH SELATAN

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 34.363 kendaraan, naik sebesar 26,9 persen dari lalin new normal.

ARAH BARAT

Lalin menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 40.654 kendaraan, naik sebesar 13,7 persen dari lalin new normal.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan Awal Bulan, Ada CR-V, Innova, Sampai BMW

Sejumlah kendaraan tampak mengantri di pintu masuk GT Tol Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/10/2020)Jasa Marga Sejumlah kendaraan tampak mengantri di pintu masuk GT Tol Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/10/2020)

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di tempat istirahat.

Janga lupa isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com