Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Jadwal Servis Pertama pada Mobil Baru Penting?

Kompas.com - 03/08/2020, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kendaraan perlu melakukan perawatan secara berkala. Perawatan tersebut dimulai sejak mobil menempuh jarak 1.000 km.

Banyak yang menyebutkan bahwa servis pertama ini penting untuk dilakukan, namun apa alasannya?

Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Rajin Servis Mobil Dibandingkan Laki-laki?

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, sebenarnya tak ada yang secara spesifik mengkhawatirkan. Hanya saja bila ada komponen yang terganggu, bisa mengusik rasa nyaman dalam berkendara.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

"Pada fase servis pertama ini, tak ada komponen yang diganti, di mana teknisi hanya akan melakukan pemeriksaan item-item pada komponen mesin, sasis, dan bodi mobil," kata Anjar, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Anjar menambahkan, komponen pada kendaraan kondisinya masih sangat baik dan presisi. Tapi, ketika mulai digunakan, ada keterkaitan antar komponen, kondisi lingkungan dan pemakaian. Sehingga untuk memastikan kenyaman dan keamanan berkendaraan, dilakukan pemeriksaan atau perawatan.

Baca juga: Maksimalkan WFH, Servis Mobil Wuling Bisa di Rumah Saja

“Secara khusus yang mengkhawatirkan tidak ada, namun seandainya ada yang tidak optimal di awal, akan mempengaruhi kenyamanan berkendara dari pelanggan,” ujar Anjar.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, menambahkan, servis pertama itu merupakan hal wajib yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya, servis pertama juga menjadi syarat dari garansi yang diberlakukan.

Ilustrasi servis mobil di Bengkel CarfixIstimewa Ilustrasi servis mobil di Bengkel Carfix

“Tidak boleh dilewatkan, karena ini pertama syarat warranty, kemudian kedua pengecekan komponen dan fungsi, jadi harus dilakukan dan tetap harus diservis. Kemudian belum ada proses penggantian suku cadang yang sifatnya rutin," kata Nurrahman.

Untuk itu, servis pertama pada mobil baru penting untuk dilakukan. Agar seandainya ada komponen yang tak berfungsi maksimal, bisa terdeteksi sejak dini, sebelum merembet menjadi lebih parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com