Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Wanita Lebih Rajin Servis Mobil Dibandingkan Laki-laki?

Kompas.com - 22/06/2020, 11:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan servis berkala bisa dilakukan siapa saja, baik itu wanita maupun laki-laki.

Melakukan perawatan pada kendaraan pribadi memang menjadi hal yang wajib dilakukan secara rutin untuk menjaga kondisi mobil.

Dalam hal membawa mobil ke bengkel untuk perawatan ini benarkan wanita lebih rajin dibandingkan dengan laki-laki?

Menanggapi hal tersebut Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, justru laki-laki yang terlihat lebih sering datang ke bengkel untuk melakukan perawatan mobilnya.

Baca juga: Ditlantas Polda Jatim Maksimalkan Samsat Keliling untuk Cegah Kerumunan

“Yang lebih rajin membawa mobil ke bengkel adalah laki-laki, mungkin wanita lebih senang saat menggunakannya,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (21/6/2020).

Ilustrasi servis mobil di Bengkel CarfixIstimewa Ilustrasi servis mobil di Bengkel Carfix

Bahkan, Bambang menambahkan, di bengkel resmi Daihatsu persentase wanita yang membawa sendiri mobilnya untuk melakukan servis tidak lebih dari satu persen.

Menurutnya, lebih rajinnya laki-laki untuk membawa mobilnya servis ke bengkel lebih kepada kesesuaiannya dari karakternya.

“Bukan lebih rajin, memang perawatan kendaraan lebih kepada dunia laki laki. Semisal sepakbola ada yang cewek namun dominannya laki laki yak,” tuturnya.

Baca juga: Diskon Pajak Kendaraan untuk Warga Jawa Timur, Ini Rinciannya

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, untuk memastikan siapa yang lebih rajin membawa mobilnya ke bengkel harus melalui survei.

Kalau dilihat selama ini memang laki-laki yang lebih dominan melakukan servis ke bengkel.

“Tetapi, bukan berarti perempuan kalau punya mobil malas ke bengkel, sama sekali bukan saya kira. Saya kira itu tidak bisa diambil datanya dari kedatangan di bengkel tetapi mesti pakai survei,” ujarnya.

Ilustrasi servis mobil oleh Bengkel Resmi HondaDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Ilustrasi servis mobil oleh Bengkel Resmi Honda

Suparna menambahkan, pihaknya selalu memberikan informasi mengenai pentingnya perawatan mobil baik pemilik mobil laki-laki maupun wanita.

Sehingga, setiap waktunya mobil dilakukan perawatan maka dari bengkel akan memberikan informasi kepada pemilik mobil agar membawanya ke bengkel untuk servis.

“Kalau di kita biasanya mau pemilik laki-laki atau perempuan semua kita informasikan pentingnya perawatan berkala kendaraan secara rutin minimal enam bulan sekali untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara,” katanya.

Baca juga: Saat New Normal, MPV Murah Bekas Bakal Dicari Konsumen

Sehingga, tambah Suparna, hasilnya mobil Toyota pada umumnya retention (tingkat kunjungan ke bengkel Auto2000) sangat baik rutin.

“Sekarang semua kendaraan tanpa terkecuali semuanya sudah diingatkan jadwal perawatan ke bengkel oleh petugas reminder dari bengkel. Jadi hasilnya laki-laki maupun perempuan sudah pada rutin perawatan berkala,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com