Kompas.com - 03/08/2020, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komponen rem adalah salah satu yang paling krusial pada setiap kendaraan, termasuk mobil. Komponen ini juga yang sering digunakan setiap kali berkendara.

Namun, meski sering digunakan, bukan berarti tidak ada cara untuk membuatnya tetap awet. Sehingga, pemilik kendaraan jadi bisa menunda pengeluaran buat penggantian partnya, dan mobil jadi nyaman juga dikendarai.

Baca juga: Catat, Begini Jurus Jitu Periksa Kondisi Rem Mobil Bekas

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, setidaknya ada beberapa hal sederhanya yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan.

Ilustrasi cara mendeteksi kanvas rem mobil.Aditya Maulana, Otomania Ilustrasi cara mendeteksi kanvas rem mobil.

"Pertama, usahakan untuk tidak melewati genangan air atau lumpur, supaya mencegah kotor dan lengket pada komponen rem," ujar Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Nurrahman menambahkan, kedua, gunakan suku cadang asli karena spesifikasi sesuai. Sehingga, tidak mengakibatkan bunyi ataupun disc brake terkikis.

"Ketiga, jangan sering menekan pedal rem bersamaan dengan gas sekaligus, di mana ini biasanya terjadi pada mobil bertransmisi otomatis," kata Nurrahman.

Baca juga: Ini Penyebab Rem Mobil Bunyi Berdecit

Sslanjutnya, yang keempat, pastikan kualitas dan kuantitas minyak rem. Tujuannya, agar efektifitas dan efisiensi pengereman baik, dan dengan spesifikasi yang sesuai.

Umumnya, kampas rem untuk matil perlu diganti tiap 20.000 km atau satu tahun. Sedangkan untuk mobil manual, pergantiannya bisa tiap 40.000 km atau dua tahun.

“Namun, itu tak bisa jadi patokan, masih tergantung dari pemakaiannya sendiri,” ujar Nurrahman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.