Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Perbedaan Suites Class Lintas Jawa dan Sulawesi

Kompas.com - 02/07/2020, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Model bus suites class buatan dari karoseri Laksana di Ungaran tidak hanya beredar di Pulau Jawa. Beberapa perusahaan otobus (PO) dari Sulawesi juga mulai banyak memiliki kendaraan suites class ini.

Suites class yang beredar di Sulawesi ternyata memiliki beberapa perbedaan dengan yang banyak ditemui di Jawa. Salah satu suites class yang berbeda dari biasanya yaitu yang dimiliki PO Litha & Co yang menggunakan sasis premium.

Suites class yang banyak beredar di Pulau Jawa biasanya menggunakan sasis Hino model RN285. Sedangkan yang dimiliki oleh Litha & Co menggunakan sasis premium Mercedes Benz O500RS 1836.

Baca juga: Kebiasaan Mengangkat Kaki saat Lewat Genangan Air Itu Salah

 

“Pemilihan sasis dari Mercedes memang keputusan dari pemilik unit, mungkin karena mesin yang bertenaga bisa lebih diandalkan dalam perjalanan jauh,” ucap Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto kepada Kompas.com, Rabu (1/7/2020).

Secara eksterior, suites class milik Litha & Co memiliki dimensi yang lebih panjang dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh pemilihan sasis Mercedes 1836 yang bisa dibuat lebih panjang 600 sampai 700 milimeter dari yang standar.

Masih dari sisi eksterior, perbedaan selanjutnya yaitu ada pada penempatan pintu belakang. Jika biasanya ada di bagian belakang, untuk suites class Litha & Co penempatan pintunya berada di tengah bodi.

Baca juga: Wuling Indonesia Daftarkan Varian Almaz Baru, NJKB Rp 260 Jutaan

“Penempatan pintu di tengah biasanya disebabkan ukuran radiator bus yang besar. Radiator yang besar ini berguna untuk mendinginkan mesin dengan tenaga di atas 300 PS. Jadi pintu tidak muat jika dipasang di bagian belakang,” kata Werry.

Berpindah pada bagian kabin, suites class milik Litha & Co memiliki jumlah kursi rebah yang lebih banyak, yaitu 24 kursi, sedangkan biasanya hanya 21 bangku. Hal ini disebabkan karena bus yang lebih panjang dan tidak ada toilet di kabinnya.

Namun ada kekurangan dari suites class yang dimiliki Litha & Co ini, yaitu pada bagian sistem hiburan. Biasanya bus suites class memiliki Audio Video On Demand (AVOD) yang tersedia di setiap bangku, namun hal ini tidak tersedia pada armada yang beroperasi di Makassar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com