Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Spesifikasi Mini Countryman Blackheath Edition

Kompas.com - 08/05/2020, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini Countryman Blackheath Edition, resmi dipasarkan di Indonesia. Model ini hadir sebagai varian terbatas yang hanya dipasarkan sebanyak 24 unit.

Menggunakan basis yang dirakit lokal di Indonesia, Contryman edisi serba hitam ini dirancangan menggunakan varian Cooper S. Menariknya, model ini secara global hanya dijual untuk pasar Indonesia dan Malaysia saja.

Ekterior

Dari sisi desain memang tak berbeda, namun estetika visual yang ditampilan benar-benar menampilkan suasana yang serba gelap. Penamaan Blackheath sendiri terinsipirasi dari hutan ikonik yang ada di London, Inggris.

Baca juga: Reaksi Mini Indonesia, Soal Kawin Silang Toyota Agya dan Morris

Countryman Blackheath Edition tersedia secara eksklusif dalam warna Midnight Black. Warna tersebut kemudian dikolaborasikan dengan matte tone yang menjadi stiping di kap mesin dalam kemasan brused alumunium.

Mini Countryman Blackheath EditionMini Mini Countryman Blackheath Edition

Selain bodi, hampir seluruh sektor aksesoris lainnya juga diberikan sentuhan kelir Piano Black. Mulai dari lampu utama, taillight, gril depan, gagang pintu, emblem depan dan belakang, sampai tulisan Countryman.

Tidak cukup hanya itu, guna memberikan sesuatu yang berbeda maka lampu kabut LED juga dibuat dengan rancangan baru bersama Aerodynamic Mirror Caps.

Mini Countryman Blackheath EditionMini Mini Countryman Blackheath Edition

Sedangkan untuk sektor kaki-kaki dibekali pelek 19 inci kepunyaan MINI John Cooper Works Circuit lengkap dengan run-flat tires dan Jhon Cooper Works Aerodynamic kit.

Interior

Masuk ke dalam kabin, Countryman Blackheath Edition sudah dilengkapi dengan kursi sport yang dibungkus leather cross punch dalam kemasan carbon black.

Baca juga: Hanya 24 Unit, MINI Countryman Blackheath Edition Resmi Meluncur

Tatanan kabinnya dibuat dengan nuansa John Cooper Works yang serba hitam, serta memberikan 12 pilihan warna ambient bagi pemiliknya.

Mini Countryman Blackheath EditionMini Mini Countryman Blackheath Edition

Sementara untuk perangkat hiburan, MINI mengadopsi sistem audio keluaran Harman Kardon Sound System 12 High Performance Speaker dengan DSP Amplifier serta teknologi Class-D dengan output sebesar 360-watt.

Perfoma

Dengan menggunakan varian Coopers S, otomatis Contryman Blackdeath Edition dibekali dengan mesin berkubikasi 2.000 cc lengkap bersama MINI TwinPower Turbo. Dapur pacunya tersebut diklaim mampu memproduksi tenaga sebesar 192 tk dan torsi 280 Nm.

Kecepatan puncaknya 225 kpj, sedangkan akselerasi dari titik 0 hingga 100 kpj bisa dicapai hanya dalam waktu 7,5 detik. Olahan tenaga dari mesin ditransfer ke sisitem pengerak melalui transmisi 7 percepatan dual clutch sports terbaru yang diklaim lebih nyaman dan optimal.

Mini Countryman Blackheath EditionMini Mini Countryman Blackheath Edition

Dari segi konsumsi bahan bakar, Mini mengklaim Countryman Blackheath Edition memiliki angka rata-rata sebesar 6,6 liter per 100 km. Untuk membuatnya lebih irit, MINI juga mengaplikasi fitur start-stop engine.

Baca juga: Catat, Begini Teknis dan Kriteria Izin Berpergian Saat Larangan Mudik

Konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan pemesanan unit di semua jarigan diler Mini. Sementara untuk harganya, Countryman Blackheath Edition dibanderol sebesar Rp 799 juta off the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com