MotoGP 2020 Siap Bergulir, Jerez Jadi Seri Pembuka Gelar Dua Seri

Kompas.com - 08/05/2020, 03:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2020 terus mengalami penundaan dan beberapa sirkuit ada yang membatalkan. Untuk tetap bisa menggelar seri sebanyak mungkin, Dorna Sports berencana untuk menggelar dua seri di satu sirkuit.

MotoGP bersama Gubernur Regional Andalusia dan Dewan Kota Jerez, mengajukan proposal pada pemerintah Spanyol untuk menggelar seri pembuka musim 2020 dengan dua balapan. Balapan ini akan digelar dua pekan berturut-turut di akhir Juli mendatang.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2020, Sementara Hanya 12 Seri

Seri pertama rencananya berlangsung 17-19 Juli. Lalu, dilanjut seri kedua di pekan berikutnya, 24-26 Juli. Rencana tersebut sudah disepakati oleh pemerintah daerah di Jerez dan CEO Dorna Sports Carmelo Ezpelata.

Jorge Lorenzo alami kemajuan kecil di sesi tes resmi Jerez.motogp.com Jorge Lorenzo alami kemajuan kecil di sesi tes resmi Jerez.

Meski demikian, tanggal tersebut masih bergantung dengan status lockdown di Spanyol. Tapi, kedua belah pihak sudah setuju untuk menggelar dua seri pada satu sirkuit.

"Begitu izin dari pemerintah Spanyol sudah diberikan, penyelenggaraan ini akan diajukan ke FIM untuk dimasukkan ke dalam kalender. Seri pertama akan diberi nama Grand Prix of Spanish dan seri kedua Grand Prix of Andalusia," tulis MotoGP, dalam pernyataan resminya.

Baca juga: Swingarm Motor MotoGP Punya Pengaruh Besar pada Kemenangan

Kedua balapan tersebut juga dipastikan digelar tertutup, alias tanpa penonton, hanya karyawan yang benar-benar berkepentingan yang ada di paddock. Semuanya juga akan dites virus corona secara rutin.

Tapi, belum jelas langkah-langkah apa yang akan diperlukan untuk anggota paddock yang berasal dari luar Eropa agar diberikan izin untuk masuk.

Berikut jadwal MotoGP 2020, Kamis (7/5/2020):

1. 19 July - Spain (proposed), Jerez (rescheduled)
2. 26 July - Andalusia (proposed), Jerez
3. 9 August - Czech Republic, Brno
4. 16 August - Austria, Red Bull Ring
5. 30 August - Great Britain, Silverstone
6. 13 September - San Marino, Misano
7. 27 September - Aragon, Aragon (rescheduled)
8. 4 October - Thailand, Buriram (rescheduled)
9. 18 October - Japan, Motegi
10. 25 October - Australia, Phillip Island
11. 1 November- Malaysia, Sepang
12. 15 November - Americas, COTA (rescheduled)
13. 22 November- Argentina, Termas de Rio Hondo (rescheduled)
14. 29 November - Valencia, Ricardo Tormo (rescheduled)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Crash.net


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.