Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Pikap Dcab Bekas, Triton dan Hilux Mendominasi

Kompas.com - 22/04/2020, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMobil bekas biasanya memiliki beragam pilihan model yang menarik dengan harga yang lebih murah dari produk baru. Banyak jenis mobil yang ditemukan di pasar mobil bekas, salah satunya yaitu pikap kabin ganda atau double cabin (dcab).

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, sebelum pandemi virus corona, pembeli mobil dcab masih ada saja, bahkan ada diler yang khusus menjual dcab.

“Kalau di sini penjualannya sama saja untuk dcab dengan yang lain. Diler (khusus) dcab di Mangga Dua juga bukan yang bekas tambang, pemakaian di perkotaan saja. Tapi biasanya pembeli yang membawanya ke area tersebut,” kata Herjanto kepada Kompas.com, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Mudik Dilarang, Polisi Siapkan Rencana Penutupan Jalan Tol dan Non-Tol

Toyota Hilux diajak berenang di kubangan. Donny Apriliananda/Kompas.com Toyota Hilux diajak berenang di kubangan.

Herjanto juga mengatakan kalau dcab pada umumnya digunakan sebagai kendaraan penerima tamu di area tambang. Model dcab yang paling sering dicari yaitu Mitsubishi Triton, karena orang menganggap kalau mesin yang digunakan bagus.

Selain itu, Mitsubishi Triton mulai dijual 2002, jadi unit bekasnya lebih banyak dibanding model lain. Menurut data penjualan 2019 dari Gaikindo, Mitsubishi Triton dcab terjual 6.137 unit, sedangkan Toyota dengan Hilux 4.965 unit.

Baca juga: Kemenhub: Jika Mudik Dilarang, Jalan Tol Tutup

“Triton banyak dicari karena orang beranggapan kalau mesin dieselnya bagus dan dibandingkan dengan mesin truk dari Mitsubishi yang bandel. Selain itu ada Toyota Hilux, Nissan Navara, Ford Ranger, dan Mazda BT-50,” ucap Herjanto.

Harga pasaran untuk Mitsubishi Triton tahun 2015, berkisar Rp 230 jutaan sampai Rp 300 juta, tegantung tipenya. Sedangkan untuk Toyota Hilux dengan tahun yang sama berkisar Rp 250 juta sampai Rp 330 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com