Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Jaga Kondisi Mobil yang Parkir Lama

Kompas.com - 14/04/2020, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat pandemi virus corona atau Covid-19, mobil yang Anda miliki jadi jarang digunakan. Meski begitu, urusan perawatan tetap harus dilakukan untuk menjaga kondisinya selalu siap dipakai.

Denny Sulistyo, Kepala Bengkel Honda Jakarta Center di Jakarta Pusat, mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi mobil yang parkir dalam jangka waktu lama.

“Pertama pastikan Anda memarkir mobil di tempat yang beratap agar mobil terlindung dari panas dan hujan,” ujar Denny kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Hari Ini Pengendara yang Melanggar PSBB Ditindak, Termasuk Denda Rp 100 Juta?

Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.airportparkingreservations.com Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

Tempatnya bisa di garasi rumah Anda, maupun di basement atau gedung parkir bagi yang bertempat tinggal di apartemen.

“Cara ini juga berguna menjaga suhu di dalam kabin tetap rendah dan menjaga komponen interior tetap awet,” ucap Denny.

Kedua sebelum diparkir dalam waktu yang lama, Anda bisa menambahkan tekanan angin ban lebih banyak dari ukuran standarnya.

Baca juga: Perdana Balapan Virtual MotoGP, Rossi Finis Posisi Tujuh

Ukur tekanan anginwisegeek.com Ukur tekanan angin

Penambahan angin berguna untuk menghindari kerusakan bagian ban tertentu karena tekanan yang tidak merata.

Ketiga, sebaiknya tidak menggunakan rem tangan. Menurut Denny, cara ini dilakukan untuk memastikan brake shoe, brake pad, dan brake disc tidak lengket serta macet.

“Untuk mobil manual, usahakan parkir di tempat yang rata, dan ganjal ban menggunakan batu atau balok kayu supaya mobil tidak bergerak,” ujar Denny.

Baca juga: Selama PSBB di Bogor, Ojol Dilarang Bawa Penumpang

Salah satu yang membuat kesan mewah pada kabin Xpander, ada pada tampilan tuas transmisi dan sekitarnya.MMKSI Salah satu yang membuat kesan mewah pada kabin Xpander, ada pada tampilan tuas transmisi dan sekitarnya.

“Mobil matik cukup posisikan tuas transmisi di P, mobil sudah pasti berhenti dan mencegahnya bergerak saat diam,” katanya.

Terakhir, panaskan mesin secara rutin. Selama proses tersebut, Anda juga bisa menyalakan AC sambil membuka jendela agar udara di dalam kabin, dan oli pada sistem AC bersirkulasi.

“Memanaskan mobil paling tidak satu kali seminggu, sesekali sambil menginjak pedal gas minimal 2.000 rpm. Atau paling mudah dengan membawanya berputar di lingkungan rumah,” ucap Denny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com