Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Perluas Jangkauan Pesan Antar BBM, Ini Daftar Kotanya

Kompas.com - 13/04/2020, 15:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com– Dalam upaya mendukung pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), Pertamina mengoptimalkan layanan Pertamina Delivery Service (PDS) untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) dan pelumas kendaraan.

Pengoptimalan dilakukan dengan meluaskan area pengantaran. Kondisi ini akan sangat membantu konsumen yang membutuhkan BBM dan pelumas, apalagi di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menurut VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, layanan PDS sebelum sudah beroperasi bahkan sebelum pandemi corona, yang Ketika itu didunakan untuk pemesanan Bright Gas.

Baca juga: Penjelasan Kemenhub Izinkan Ojol Angkut Penumpang Saat PSBB Jakarta

"Kini layanan itu kami tingkatkan sehingga bisa juga melayani pemesanan BBM dan Pelumas. Selain itu, jangkauan wilayahnya pun kami perluas ke kota-kota lain di Indonesia," ucap Fajriyah dalam keterangan resminya, Senin (13/4/2020).

Pertamina siaga Covid-19 di SPBUPertamina Pertamina siaga Covid-19 di SPBU

Lebih lanjut Fajriyah menjelaskan dengan PDS masyarakat tak perlu repot keluar rumah menuju SPBU untuk membeli pelumas ataupun BBM. Cukup melakukan pemesanan melalui call center Pertamina 125 atau mengirim pesan via whatsapp di 08111350135.

Pertamina juga menjamin bila layanan ini dibuka setiap hari untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan berbagai produk Pertamina.

Baca juga: Efek Virus Corona, Tidak Ada Lagi DP Ringan Kredit Kendaraan

Untuk Pulau Jawa, beberapa kota yang sudah menyediakan layanan ini mulai dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Cianjur, Tasikmalaya, Sukabumi, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Kebumen, Temanggung, Surabaya, dan Malang.

Sementera di Bali, layanan tersedia di Denpasar, Gianyar, Badung, dan Buleleng. Untuk Sumatera, layanan pesan antar tersedia di Medan, Binjai, Deliserdang, Pekanbaru, Palembang, Banyuasin, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Untuk Kalimantan, pesanan ini bisa diakses di Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak ,dan Palangkaraya. Sedangkan di Sulawesi, layanan tersedia di Makassar, Kendari, Palu, Manado, Bitung, Gorontalo, dan Mamuju.

Pertamina siaga Covid-19 di SPBUPertamina Pertamina siaga Covid-19 di SPBU

Menurut Fajriyah, produk yang masuk dalam layanan delivery service ini adalah BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina DEX, dan Dexlite. Sementara untuk pelumas terdiri dari Fastron Gold, Fastron Techno, Fastron Diesel, dan Fastron Eco.

"Per hari ini , layanan antar produk BBM sudah mencakup di 67 kota atau kabupaten, pelumas di 10 kota atau kabupaten, sementara LPG sudah ada 89 kota atau kabupaten. Perluasan wilayah layanan antar terus kami lakukan," ujar Fajriyah.

Untuk mekanisme pemesanan, Fajriyah menjelaskan akan diantar pada hari yang sama jika dilakukan sebelum pukul 17.00 WIB. Tapi bila melebihi waktu tersebut, akaan dikirim hari berikutnya mulai dari pukul 08.00-20.00 WIB.

Baca juga: Perdana Balapan Virtual MotoGP, Rossi Finis Posisi Tujuh

Pada saat melakukan pengisian BBM, Pertamina mengingatkan konsumen bahwa pengisian harus berada di ruang terbuka, tidak dalam ruangan tertutup seperti basement atau garasi. Hal ini untuk menghindari konsentrasi uap tidak berkumpul di satu titik.

Go-Pertamina, layanan antar BBM kemasan dengan Go-Jek Go-Pertamina, layanan antar BBM kemasan dengan Go-Jek

Sementara untuk pembayaran, selain dengan tunai, konsumen juga bisa membarat dengan non tunai melalui aplikasi MyPertamina maupun vocher BBM.

Selama pemesanan, ponsel harus dalam keadaan aktif untuk menerima konfirmasi pesanan dari petugas atau operator.

"Seluruh petugas pengantaran dan juga produknya sudah melalui proses penyemprotan disinfektan untuk memastikan steril virus. Selama komunikasi dengan pelanggan juga tetap jaga jarak sesuai protokal pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan," kata Fajriyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com