Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usulan Desain MPV dan Mobil Mewah Esemka Viral

Kompas.com - 09/10/2019, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sketsa mobil sport, rupanya ada dua desain sketsa Esemka lainnya yang dibuat oleh akun instagram bernama ganeshagegen. Kedua konsep lainnya adalah jenis mobil luxury dan multi purpose vehicle (MPV).

Ketika menghubugi pemilik akun instagram yang bernama Ganesha Harjo Utomo, dirinya menjelaskan memang tertarik untuk membuat sketsa desain Esemka lantaran merupakan mobil buatan anak bangsa.

"Sebenarnya saya buat tiga desain, ada sport coupe, mobil luxury, dan yang terakhir adalah MPV. Kebetulan utuk yang kemarin di-repost oleh Esemka itu yang sport coupe-nya," kata Ganesha kepada Kompas.com, Selasa (8/10/2019).

Baca juga: Sketsa Sedan Sport Esemka Bernama Concept FG-9

Lebih lanjut Ganesha menjelaskan untuk konsep MPV diberikan nama Concept AS-7, sementara untuk sketsa desain yang luxury, secara tampilan berupa sedan dengan sebutan Concept SR-7.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Esemka Motors Concept AS-7 (mass production will be AZALEA-S7) V6 2.0L Hybrid Electric Medium #estate / #stationwagon . @modelizta Platform . #carsketch #MediumStationWagon

Sebuah kiriman dibagikan oleh G E G E N ® (@ganeshagegen) pada 29 Jun 2019 jam 7:23 PDT

Menurut Ganesha, pembuatan sketsa tersebut bukan dikarenakan permintaan dari pihak PT Solo Manufaktur Kreasi selaku pemilik merek Esemka. Namun memang dia sengaja menuangkan inspirasinya saja.

Baca juga: Dewan UKM Siap Rilis Esemka Versi Mobil Toko

"Selama ini yang saya tau Esemka hanya produksi pikap saja dan dianggap rebadge dari China, padahal ini kan diproduksi sendiri di Boyolali, jadi saya coba bikin sketsa Esemka yang mungkin bisa diterima pihak pabrikan," kata Ganesha.

Sketsa desain calon mobil luxury Esemka Sketsa desain calon mobil luxury Esemka

Ketika ditanya soal kompetisi desain yang digelar oleh Esemka, Ganesha mengaku tak mengetahui hal tersebut sebelumnya. Menurut dia, dirinya juga baru tau saat melihat dari unggahan ulang yang dilakukan pihak Esemka.

Seperti diketahui, Esemka me-repost sketsa milik Ganesha sekaligus mengajak para desainer lokal untuk mengirimkan konsep baik secara handmade atau komputerisasi untuk desain mobil Esemka. Sayembara tersebut dibuka hingga 1 Januari 2020 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com