Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Tilang Elektronik di Jalan Tol | Pajak Kendaraan di Jakarta Naik

Kompas.com - 25/09/2019, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana penerapan tilang elektronik alias electronic traffic law enforcement (ETLE) di jalan Tol, masih menjadi perhatian masyarakat. Tahap awal, PT Jasa Marga akan bekerjasama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk menerapkan kebijakan baru ini.

Selain itu, topik mengenai rencana kenaikan pajak kendaraan di DKI Jakarta juga ikut mengundang perhatian masyarakat. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal Otomotif pada Selasa 24 September 2019:

1. Teliti saat Beli Ban Baru, Cek Apakah Ada Lapisan Lilin? Ini Fungsinya

Ilustrasi alat bengkel ban mobilKOMPAS.com/Gilang Ilustrasi alat bengkel ban mobil

Bila diperhatikan dengan seksama, pada permukaan ban yang masih baru akan ada lapisan berwarna putih. Lapisan itu disebut lilin. Lantas, apakah fungsinya?

Lapisan tersebut tujuannya untuk menjaga kompon ban supaya tidak rusak saat disimpan. Jadi, ban tetap optimal ketika digunakan walau tahun produksinya sudah cukup lama.

"Lapisan itu sendiri terbentuk dari proses pembuatan ban. Ketika ban sudah mulai digunakan, akan hilang sendirinya," kata Zulpata Zainal, PG-On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Teliti saat Beli Ban Baru, Cek Apakah Ada Lapisan Lilin? Ini Fungsinya

2. Siap-siap, Tilang Elektronik Berlaku di 8 Tol Jabodetabek

Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol JabodetabekJasa Marga Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mendukung penuh penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE), yang rencananya akan diterapkan di ruas tol milik Jasa Marga bersama Polda Metro Jaya.

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan saat ini Jasa Marga telah memiliki kamera analitik kecepatan atau speed camera. Dengan demikian, penerapan ETLE di jalan tol relatif jauh lebih mudah.

"ETLE akan diimplementasikan di jalan tol wilayah Jabotabek. Saat ini kami sedang mempersiapkan ETLE di delapan titik yang tersebar di Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Jakarta-Tangerang, Jakarta- Cikampek, Jagorawi, dan JORR Non S," ucap Subakti dalam keterangan resminya, Senin (23/9/2019).

Baca juga: Siap-siap, Tilang Elektronik Berlaku di 8 Tol Jabodetabek

3. Bulan Depan Pajak Kendaraan di Jakarta Naik 2,5 Persen?

Beberapa komunitas mobil mewah ditemukan dengan BPRD bahas pajak kendaraan dan program keringanan pajakKOMPAS.com/Ruly Beberapa komunitas mobil mewah ditemukan dengan BPRD bahas pajak kendaraan dan program keringanan pajak

Pajak Bea Balik Nama (BBN) Kendaraan Bermotor untuk wilayah DKI Jakarta akan dinaikkan sebesar dua setengah persen. Jika sebelumnya BBN kendaraan pertama 10 persen, nantinya naik menjadi 12,5 persen.

Apabila akhir bulan ini selesai dikaji, maka bisa diterapkan Oktober 2019. Perubahan pajak BBN secara langsung dapat berpengaruh pada banderol mobil dan sepeda motor baru yang dijual di wilayah Ibu Kota.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Faisal Syafruddin. Menurut dia, peraturan daerah (Perda) sedang direvisi oleh Departemen Dalam Negeri (Depdagri).

Baca juga: Bulan Depan Pajak Kendaraan di Jakarta Naik 2,5 Persen?

4. Smart SIM Sudah Tersedia di Seluruh Wilayah Jakarta

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com